NEWS
DETAILS
Kamis, 21 Jan 2016 10:27 - Honda Bikers Aceh

Bagi kebanyakan orang memiliki dan menggunakan sepeda motor keluaran tahun lama merupakan kegiatan yang menyita banyak waktu karena sulit, bahkan ongkos perawatannya pun dianggap mahal. Padahal sejatinya tidak demikian, karena perawatannya cukup mudah.

"Kegiatan perawatan, sebenarnya tak berbeda dengan perawatan motor baru. Namun, karena suku cadangnya di pasaran tak sebanyak motor baru, jadi kelihatannya rumit. Padahal, tidak. Kuncinya hanya ketelatenan saja," papar Achmad Iskandar, punggawa Eksotika Motor, Ciledug, Tangerang.

Menurutnya, langkah utama yang wajib dilakukan untuk menjaga performa motor itu adalah mengganti oli saban dua bulan sekali, meski motor jarang dipakai sekali pun. Hal ini untuk menjaga agar komponen-komponen terlumasi oleh pelumas yang kualitasnya bagus.
Selain itu, pemilik juga harus rajin melakukan pemeriksaan terhadap beberapa komponen penting seperti aki, platina, dan kabel kelistrikan. Sebab, sesuai dengan umurnya, bagian-bagian itu juga rentang mengalami keausan atau bermasalah.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah memanasi mesin motor. Jika memiliki waktu cukup, sebaiknya pemanasan dilakukan setiap hari, yakni pada pagi atau sore hari. Tetapi jika, tak memiliki waktu dua hari sekali juga tidak masalah.
"Yang penting, jangan sampai seminggu tidak dipanasi," kata Iskandar.

Sementara, untuk menjaga penampilan, sebaiknya sering dilakukan pencucian dengan menggunakan shampo kendaraan yang tidak mengandung zat bersifat abrasif.

 

Sumber : http://oto.detik.com

RELATED
NEWS
Honda BigBike
UPCOMING
EVENTS
ORDER NOW!
NEWS
PRODUCTS
VIDEO
COMMUNITY

Honda SH1501 – Delight in Motion

INSTAGRAM
TWITTER
FACEBOOK