NEWS
DETAILS
Jumat, 30 Dec 2016 08:30 - Honda Bikers Aceh

Mungkin sebagian pemotor memilih untuk menggunakan sandal ketika berkendara saat hujan. Padahal, penggunaan sandal saat mengendarai sepeda motor tidak dianjurkan.

Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto mengatakan, lebih aman mengendarai sepeda motor menggunakan sepatu, meski dalam kondisi hujan sekalipun.

"Kalau bicara mau aman, tetap pakai sepatu. Kalau sepatu takut basah (saat hujan) dan dia pakai sandal itu sebenarnya lebih ke pilihan orangnya. Lebih pilih sepatunya basah, atau pakai sandal dengan risiko jarinya terluka. Kalau ditanya pakai sandal aman atau tidak, saya bilang enggak aman. Jadi saya tidak menyarankan pakai sandal saat hujan," kata Hendrik.

Hendrik menyebut, menggunakan sandal saat mengendarai sepeda motor berisiko melukai bagian tubuh pemotor. Risiko pertama, kata Hendrik, kaki yang terbuka tanpa perlindungan bisa saja menyentuh blok mesin yang panas sehingga mengganggu keseimbangan. Parahnya lagi, kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah akibat bersenggolan dengan objek lainnya.

"Pernah beberapa kejadian, pengendara yang pakai sandal jepit itu otot jarinya putus. Dulu peserta training saya ada yang begitu, 3 otot jarinya putus. Bisa putus karena dia lagi jalan dari arah Condet ke Cililitan, ada pengendara lain dari arah sebaliknya, kakinya dia terbentur dengan pedal rem dari motor arah sebaliknya itu. Dia enggak terasa, tahu-tahu menggigil, pas lihat ke bawah sudah putus otot jarinya. Kalau pakai sepatu kan tidak akan kejadian seperti itu," kata Hendrik.

Mungkin pengendara motor jenis skuter matik ada yang menganggap bahwa kaki mereka lebih aman terlindungi karena berada di bagian dek sepeda motor meski menggunakan sandal. Namun, bagian kaki tersebut tetap tidak terlindungi ketika pengendaranya terpisah dengan motor, misalnya saat terjatuh.

"Fungsi sepatu ini kan untuk melindungi tubuh. Memang mungkin ada pikiran kaki di dek motor matik lebih aman, lebih terlindung, tapi kalau dia jatuh kakinya tidak ada yang menutupi, akhirnya terluka," ujar Hendrik.

 

Sumber : http://oto.detik.com

RELATED
NEWS
Honda BigBike
UPCOMING
EVENTS
ORDER NOW!
NEWS
PRODUCTS
VIDEO
COMMUNITY

All New Honda CBR250RR Repsol Edition

INSTAGRAM
TWITTER
FACEBOOK