NEWS
DETAILS
Kamis, 28 Jan 2016 20:40 - Honda Community

Memasuki musim balap 2016, PT Astra Honda Motor (AHM) menerapkan sistem rekrutmen pembalap baru untuk memperkuat tim balap Astra Honda Racing Team (AHRT). Serangkaian tes digelar untuk para pembalap sebagai salah satu pertimbangan AHM dalam menentukan strategi pemetaan tim AHRT yang akan berkompetisi pada ajang balap internasional tahun ini.

Selain melalui tes keterampilan balap dan seleksi berdasarkan prestasi yang pernah diraih sebelumnya oleh para pembalap, AHM mulai mewajibkan calon pembalap tim AHRT untuk mengikuti medical check-up dan psikotes. Kedua tes ini diselenggarakan selama 3 hari pada 27-29 Januari 2016 sebagai aspek pengecekan akhir kondisi mental dan fisik pembalap. Melalui tes ini, AHM memetakan kesiapan para pembalap sebelum menghadapi rangkaian jadwal kompetisi skala internasional yang akan dijalani selama setahun penuh.

Serangkaian tes ini diikuti para pembalap AHRT yang sebelumnya telah berhasil mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang balap internasional, seperti Dimas Ekky Pratama, Andi Gilang, Gerry Salim, dan Irfan Ardiansyah. Para pembalap ini mengikuti sistem rekrutmen AHRT terbaru sebelum menandatangani kontrak kerjasama musim balap 2016.

Medical check-up para pembalap AHRT dilakukan secara komprehensif. Bekerjasama dengan Laboratorium dan Klinik Olahraga di Universitas Negeri Jakarta, para pembalap menjalani pengecekan kondisi fisik secara menyeluruh serta melakukan tes VO2 Max untuk mengetahui kinerja paru-paru pembalap dan kapasitas oksigen maksimum organ tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan ini, AHM dapat memetakan latihan fisik yang paling sesuai bagi setiap pembalap untuk meningkatkan performa balapnya. Pengecekan kondisi fisik dilakukan selama sehari pada 27 Januari 2016.

Sementara itu, psikotes dijalani pembalap AHRT berupa tes tertulis maupun wawancara dengan para ahli di bidang psikologi. Tes ini bertujuan menganalisa kepribadian pembalap dan potensi yang dimilikinya. Analisa kepribadian pembalap AHRT ditekankan pada aspek teamwork, profesionalisme, konsistensi, kestabilan emosi, daya juang, serta kemampuan untuk menjalankan strategi balap dengan tenang dan cepat di tengah tekanan emosional saat balapan berlangsung. Psikotes ini dilakukan langsung di AHM pada 28-29 Januari 2016.

Tak hanya pembalap, AHM juga menjalankan serangkaian psikotes untuk para mekanik sebagai bagian dari tim AHRT. Uji psikotes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis sebagai salah satu aspek utama yang dibutuhkan mekanik dalam tim mekanik balap AHRT.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra mengungkapkan mekanisme perekrutan baru ini merupakan salah satu upaya AHM dalam meningkatkan kualitas pembinaan balapnya. Melalui skema baru ini, pihaknya berharap dapat mewujudkan tim balap kebanggaan bangsa yang semakin siap secara fisik maupun mental untuk kembali berjuang di kancah internasional.

“Skill balap memang prioritas utama. Namun aspek fisik dan psikis tim balap juga penting untuk diketahui, baik pembalap maupun mekaniknya. Dengan mekanisme ini, kami berharap dapat membentuk tim balap terbaik sehingga bendera Merah Putih dapat semakin banyak berkibar di kejuaraan balap internasional tahun ini,” papar Indraputra.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK