NEWS
DETAILS
Jumat, 17 Mar 2017 22:34 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum Wr Wb

Sudah ramainya ni musim balap, entah itu road race maupun drag race, yang harus diingat ialah perangkat keamanan dan kenyamanan pembalap, jangan sampai bukannya selamat malah jadi petaka bagi pembalap. Sama hal-nya dengan berkendara dijalan raya unsur safety riding diutamakan agar dapat menguangi resiko cedera dilintasan, berkut riding gear yang digunakan untuk balap:

1. Helm Full Face

Pic 1.1 Helm Full Face

Meurpakan perangkat pelindung kepala yang sangat vital, melindungi kepala dari benturan yang sangat keras akibat human error dari sang pembalap, wajahpun terlindungi secara penuh karena bentuk helm full face menutupi wajah hingga kepala bagian belakang.

2. Wear Pack

Wear Pack merupakan APD (Alat Pelindung Diri) yang digunakan pembalap untuk melindungi bagian tubuh mulai dari tangan hingga kaki dari gesekan aspal sirkuit saat terjadi kecelakaan.

wear pack dalam balap ada dua macam yakni:

- untuk Road Race dilengkapi dengan pelindung siku serta pelindung lutut dikarenakan saat cornering di lintasan

- untuk Drag Race tanpa dilengkapi dengan pelindung lutut maupun pelindung siku karena lintasannya hanya track lurus dapat mengurangi drag force yang disebabkan oleh angin.

berikut model dan bentuknya:

Pic 1.2 Wear Pack Untuk Road Race

Pic 1.3 Wear Pack Untuk Drag bike

3. Sarung tangan full hand

Melindungi tangan pembalap dari gesekan dengan aspal saat terjadi kecelakaan di lintasan, jadi sarung tangan yang digunakan usahakan yang menutupi tangan secara penuh, jangan yang half

Pic 1.4 Sarung tangan full Hand

4. Sepatu yang menutupi mata kaki

Untuk sepatu diusahakan menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki, dikarenakan berdekatan dengan roda gigi depan yang rawan terlepas saat putaran tinggi meskipun tutup roda gigi depan sudah terpasang.

Pic 1.5 Sepatu yang menutupi mata kaki

Nah itu tadi riding gear untuk balap namun tidak semua pembalap mampu membelinya dengan alasan faktor ekonomi, namun ada alternatif lain jika mengikuti drag bike antara lain:

1. gunakan jaket kulit dan celana jeans sebagai pengganti wear pack dikarenakan tekstur kain yang tebal dan mampu melindungi bagian tubuh bagian tangan dan kaki

2. untuk sarung tangan gunakan sarung tangan yang menutupi jari secara penuh dengan bahan yang tebal walaupun bukan dikhususkan untuk balap.

3. untuk sepatu gunakan sepatu yang menutupi mata kaki yang berbahan ringan sehingga nyaman digunakan saat diatas motor

 

Itu tadi guys riding gear yang digunakan untuk balap, hindari pemakaian pelindung yang berbahan tipis, agar tetap aman dan nyaman digunakan saat berkompetisi di lintasan balap.

keep safety riding, utamakan keselamatan berkendaran di jalan raya maupun di lintasan balap

salam satu hati

 

Source:

otomotifnet.com

google search engine

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK