NEWS
DETAILS
Selasa, 18 Apr 2017 11:20 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb

Sesuai dengan headline yang tertera ada beberapa macam tipe mesin yang bisa diaplikasikan pada Honda C70. tipe mesin yang dimaksud berkenaan dengan keperluan orang - orang yang meng-upgrade mesin sesuai dengan kebutuhan dan juga kantong owner masing - masing diantaranya antara lain:

- Over Square/ Over bore / Short Stroke

Tipe mesin ini sesuai dengan namanya dia memiliki perbandingan diameter silinder yang lebih besar dari pada panjang langkah. Tipe mesin semacam ini pada umumnya memiliki Power/Daya yang sangat besar serta putaran mesin (rpm) yang tinggi dengan torsi yang kecil, karena langkahnya yang pendek membuat putaran mesin bisa mencapai angka tertinggi. Namun dengan rpm mesin yang tinggi, maka gesekan antar komponen mesin khususnya dinding silinder dengan dinding piston menjadi tinggi, serta perambatan pembakaran campuran bahan bakar dan udara kurang maksimal dan berakibat pada komsumsi bahan bakar yang tinggi (Boros).

Aplikasi pada: Honda Astrea Grand, Honda C70, Honda GL-Max, dll

- Square

Tipe Mesin semacam ini memiliki perbandingan diameter silinder sama dengan panjang langkah (Sroke). Dengan besar yang sama mengakibatkan mesin semacam ini memiliki keseimbangan antara besar power dan torsi yang dihasilkan. Serta memiliki perambatan pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang tidak terlalu cepat, konsumsi bahan bakar untuk tipe mesin ini relatif lebih ekonomis namun bertenaga.

Aplikasi pada: Honda Sonic 150 R, All New CB 150 R, dll

- Long Stroke / Over Stroke

Sesuai dengan namanya mesin dengan tipe Long  Stroke/ over stroke memiliki perbandingan panjang langkah yang besar dari pada diameter silindernya. Dengan langkah yang panjang, mesin dengan tipe ini mampu menghasilkan torsi yang sangat besar namun power yang dihasilkan kecil. Dan pada mesin tipe ini perambatan pembakaran bahan bakar dan udara menjadi maksimal karena panjang langkah yang besar, konsumsi bahan bakar untuk mesin ini lebih ekonomis karena perambatan pembakaran bahan bakar yang maksimal tersebut.

Aplikasi pada: Honda Karisma, Honda Kirana, Honda Supra X 125, Absolute Revo, Beat, dll

 

Pict Source: www.teknik-otomotif.com

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK