NEWS
DETAILS
Kamis, 31 Aug 2017 08:12 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb.

Pagi guys.

Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan, namun tak kalah pentingnya selain terkenal sebagai Kota Pahlawan kulinernya pun tak kalah terkenalnya antara lain Semanggi Suroboyo, Rujak Cingur, dll. Namun yang kali ini mimin mau ulas tempat kuliner favorit bikers Suroboyo bagi yang suka 'Nyetroke" alias kuliner Nasi Babat xixixi. Walaupun kudapan ini bukan tergolong kuliner asli Suroboyo namun sudah membooming dikalangan masyarakat yang suka kudapan kelas berat ini xixixixi.  inilah destinasi 'Nyetroke' favorit masyarakat penggemar kudapan berat maupun bikers Suroboyo.

1. Nasi Babat Dukuh Kupang Barat

Warung nasi babat yang satu ini tidak pakai nama, sehingga biasanya orang hanya menyebut dengan nama “Nasi Babat Dukuh Kupang Barat”. Bukanya hanya pagi hari saja mulai jam 6 pagi sampai habis. Biasanya jam 10 pagi sudah habis saking banyaknya pembeli.

Lokasi persisnya ada di halaman sekolah Gosyen. Kalau dari Bundaran Satelit, begitu masuk Jalan Mayjend Sungkono itu langsung belok kiri saja ke Jl. Dukuh Kupang Barat. Dari situ masuknya sekitar 1 kilometer.

Pic 1.1 Kuliner Nasi Babat Dukuh KUpang Barat.

Nasi babat ini menurut saya termasuk yang paling enak di Surabaya. Babatnya tidak pelit dan sudah dipotong-potong ukuran satu suapan sehingga kita tidak perlu memotongnya lagi pakai gigi. Sekali suap langsung kunyah. Sambalnya pedas. Nasinya pakai nasi putih biasa. Yang jualan sepertinya pasangan suami istri asal Jawa atau Madura.

Harga nasi babatnya 15 ribu rupiah per porsi dengan ukuran porsi mengenyangkan.

2. Nasi Babat Pegirian

Kebalikan dengan nasi babat Dukuh Kupang Barat yang hanya buka pagi, nasi babat Pegirian ini buka malam hari mulai jam 5 sore hingga tengah malam. Lokasinya di depan Pasar Pegirian di ujung Jalan Nyamplungan, kawasan wisata regili Sunan Ampel. Tidak susah untuk mencari warung tenda ini karena sangat ramai pembeli.

Pic 1.2 Kuliner Nasi Babat Pegirian.

Nasi babat ini menurut saya termasuk jajaran nasi babat yang paling enak di Surabaya. Bahkan mungkin paling enak nomor 1. Yang jualan Ibu-ibu dan mbak-mbak Madura semua. Selain babat, tempat ini juga menyediakan lauk tambahan seperti peyek udang, belut goreng, tongkol, cumi, dan sebagainya. Selain babatnya super lezat, nasinya berupa nasi putih dicampur butiran jagung sehingga rasanya gurih.

Harga per porsi seingat saya 12 ribu rupiah untuk nasi jagung dengan lauk babat dan peyek udang.  Saya biasanya masih nambah 1 porsi babat lagi, ditaruh di piring terpisah, mungkin isinya sekitar 6 potong. Hanya nambah 8 ribu saja. Sangat murah! Karena di tempat lain, nambah 1 potong kecil babat dihargai mulai 3 ribu rupiah.

3. Nasi Babat Ngagel Jaya

Nasi Babat Ngagel Jaya ini bukanya hanya malam hari. Lokasinya berupa warung tenda di emper toko, seberang Gereja Kristen Jawi Wetan. Saya tahu nasi babat ini dari review di grup Surabaya Kuliner. Karena penasaran, langsung saja saya coba dengan beberapa teman.

 

Pic 1.3 Kuliner Nasi Babat Ngagel Jaya.

Untuk mencari tempat ini tidak susah karena warungnya di pinggir jalan dan lampunya sangat terang. Jadi dari Supermartket Bilka itu terus saja ke arah ke Raya Manyar tapi jalan pelan-pelan saja. Setelah melewati toko pakaian muslim Karita, maju sedikit lagi. Nanti akan ketemu warung tenda dengan spanduk warna kuning mencolok.

4. Nasi Babat Depot Khas Madura

Depot Khas Madura ini ada di Jalan Raya Kenjeran No.428. Kalau dari Galaxy Mall, lurus aja arah ke Raya Kenjeran, sampai habisnya MERR. Di kiri jalan ada RS Kendangsari MERR. Beloklah ke kiri. Maju terus sekitar 100 meter, nanti warungnya ada di kiri jalan.

Warung ini bukanya pagi sampai sore. Salah satu menu andalannya nasi babat. Menurut saya, nasi babat di sini terbilang lezat dan sedap. Sambalnya tidak terlalu pedas. Penyajiannya di atas piring dilapisi daun pisang, cukup menarik.

1.4 Kuliner Nasi Babat Depot Khas Madura.

5. Nasi Babat Cak Yasin

Nasi Babat Cak Yasin ini ada di Jalan Raya Dukuh Kupang. Kalau dari Carrefour atau Islamic Center terus aja maju ke arah Jalan Jarak. Warungnya  berupa warung tenda yang ada di kiri jalan. Ada beberapa meja di dalam tenda, tapi yang lebih banyak pembelinya makan sambil lesehan di ruang terbuka.

Pic 1.5 Kuliner Nasi Babat Cak Yasin.

Bukanya mulai sore hingga tengah malam. Yang khas dari Babat Cak Yasin ini adalah sambelnya yang meskipun diberi sedikit tapi rasanya pedas banget. Babatnya juga tidak pelit.

Belum lama ini Babat Cak Yasin juga buka siang hari di sebuah pujasera tidak jauh dari warung tendanya yang hanya buka malam hari ini. Tapi saya belum membuktikan sendiri, mantab atau tidak.

6. Nasi Babat Mbok Lemu

Nasi Babat Mbok Lemu ini berbeda dengan nasi babat yang lain, dimana penjualnya orang Madura. Babat Mbok Lemu ini penjualnya orang Tionghoa. Ini adalah warung babat permanen di teras sebuah rumah yang cukup besar. Tempatnya paling bersih dibanding yang lain. Ada banyak meja dan kursi yang semuanya bersih.

Alamatnya ada di Jalan Darmo Permai I No.33, di kawasan Jl. HR Muhammad arah ke Jl.Mayjend Sungkono, belok kiri sekitar 200 meter.

Pic 1.6 Kuliner Nasi Babat Mbok Lemu.

Babat Mbok Lemu ini selain babat juga menyediakan menu lain. Bukanya malam hari, mulai jam 19.30 hingga habis. Babat Mbok Lemu ini juga bisa dipesan melalui aplikasi Go-Jek. Waktu saya ke sana, pas baru buka ada banyak banget driver Go-Jek sedang antri.

Babatnya sendiri menurut saya biasa saja. Yang luar biasa adalah sambalnya yang SANGAT PEDAS. Babat Cak Yasin yang sambalnya sangat pedas itu masih kalah pedas dibanding sambel di Babat Mbok Lemu ini.

7. Nasi Babat Langgeng Barokah

Warung Langgeng Barokah ini ada di Jalan Kalibutuh. Daerah belakangnya BG Junction arah ke Raya Demak. Bukanya malam hari saja. Ini bukan warung khusus babat, melainkan ada menu lain seperti bebek, ayam, nasi pecel  dan sebagainya.

Pic 1.7 Kuliner Nasi Babat Langgeng Barokah.

Tempat Kuliner ini merupakan favorit dari bikers C70 Surabaya, biasanya sehabis "cangkruk" kawan - kawan bergegas menuju Jl. Kalibutuh untuk "Nyetroke". Haragnya cukup terjangkau -+13ribu perporsi include teh hangat atau bila ingin yang dingin - dingin bisa diganti dengan es teh manis.

8. Nasi Babat Buk Tumi

Nasi Babat Buk Tumi ini ada di Jalan Indrapura. Sekitar 100 meter setelah gedung DPRD Jawa Timur. Berupa warung tenda yang buka malam hari saja. Warung ini menu utamanya bebek. Jadi babat hanyalah menu sampingan.

9. Nasi Babat Pak Lurah Arjuno

Untuk menuju warung Nasi Babat Pak Lurah, kamu cukup menuju Jl. Arjuno, Surabaya. Jika dari arah jembatan layang dari Jl Diponegoro, warung tersebut terletak di kiri jalan. Warungnya ada banner kuning dan bertuliskan Nasi Babat Pak Lurah.

Kemudian jika kamu dari arah berlawanan, kamu harus putar balik dulu. Lokaso Nasi babat Pak Lurah tidak ada nomornya karena warungnya adalah warung tenda. Dan yang harus kamu tahu, warung babat pak lurah ini bukanya dari sore sekitar jam 17.00- habis (biasanya jam 22.00 sudah habis laris manis).

Pic 1.8 Kuliner Nasi Babat Pak Lurah Arjuno

Harga sebanding dengan rasanya kok. Untuk bisa menikmati Nasi Babat Pak Lurah ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 15.000 untuk satu porsi, itupun sudah include minum es teh. Bagaimana? Sangat murah, to?

Sekian dulu ulasan mimin tentang wisata kuliner 'Nyetroke" yang menjadi favorit destinasi para penggemar 'Strokean" dan bikers Suroboyo xixixixi.

Wassalamu'alaikum

Source:

https://www.budiono.net/2017/05/08/8-tempat-makan-nasi-babat-di-surabaya/

http://daftarpedia.me/tag/babat/#popup

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK