Senin, 23 Oct 2017 11:21
Koentoel Soerobojo

Centrifugal Oil Filter jangan Disepelekan

Assalamu'alaikum wr wb.

Beberapa waktu lalu mimin barusan dapat muatan yang cukup menarik yaitu mengenai bab sistem pelumasan hehehe. Cukup menarik untuk dibincangkan karena ada beberapa sobat mimin yang pada beberapa tahun silam yang mendapati masalah tersebut. Yaitu connecting rod macet saat perjalanan balik ke Surabaya, setelah dianalisa penyebabnya tidak lain dan tidak bukan ialah oil screen tidak terpasang serta tutup rotor saringan oli tidak terpasang. Memang cukup sepele namun berimbas cukup parah jika melakukan single perjalanan.

Sistem Pelumasan Honda Cub

Dari ulasan diatas yang dialami oleh teman mimin adalah Oil screen serta tutup rotor saringan oli pada centrifugal oil filter bisa menyebabkan hal berikut:

1. gram besi akan ikut terbawa oleh oli mesin sehingga dapat menyebabkan saluran oli akan tersumbat serta mengauskan komponen mesin dengan cepat.

2. kotoran dari kanvas kopling /kanvas kopling sentrifugal terbawa oleh oli mesin sehingga dapat menyebabkan saluran oli akan tersumbat serta mengauskan komponen mesin dengan cepat.

Cara kerja sentrifugal oil filter adalah sebagai berikut:

Oli mesin yang terhisap oleh pompa oli akan difiltrasi pertama sebelum masuk kedalam saluran suction pada pompa oli, selanjutnya oli yang telah tersaring dialirkan ke komponen mesin melalui saluran discharge pompa oli. Terdapat percabangan saluran oli yang pertama menuju kepala silinder yang lain menuju poros engkol/crankshaft.

Sebelum dialirkan melalui lubang/bagian tengah crankshaft yang kemudian melumasi setang seher (big end connecting rod) mendapat gaya setrifugal (Gaya sentrifugal merupakan gaya yang menjauhi titik pusat) (lihat buku fisika) sehingga jika ada kotoran yang mempunyai massa lebih berat dari oli, kotoran tersebut akan terperangkap di dalam filter sentrifugal ini. Oli yang tidak mengandung kotoran akan mengalir ke crankshaft melalui lubang pada yang ada diporos sebelah kanan yang terhubung dengan saluran oli yang melumasi Big End Connecting Rod.

Maka dari itu dalam pemasangan komponen mesin kendaraan kita haruslah diperlukan ketelitian serta kecermatan agar tidak menyesal kemudian.

Sekian ulasan dari mimin semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr wb

Source:

https://bengkelsepedamotor.com/2012/02/21/filter-oli-setrifugal/

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 17 Jul 2018 11:43
Koentoel Soerobojo

Honda CB150R Siap Ramaikan Pasar Sport, Berikut Spesifikasinya!

The Last of us
Jumat, 13 Jul 2018 08:41
Koentoel Soerobojo

Porsi Latihan Fisik Diberikan Untuk Jaga Stamina

The Last of us
Selasa, 10 Jul 2018 13:37
Koentoel Soerobojo

Trabas Bromo Diikuti Lady Rider Gaes, Siapakah Dia?

The Last of us
Senin, 09 Jul 2018 20:15
Koentoel Soerobojo

Trabas Honda CRF series Bareng komunitas dan Konsumen

The Last of us
Senin, 02 Jul 2018 09:53
Koentoel Soerobojo

Nobar Moto GP bareng Komunitas Motor se Surabaya

The Last of us
Senin, 02 Jul 2018 09:20
Koentoel Soerobojo

Honda C70 Jadi Idola Personil Polrestabes Surabaya

CARI AMAN
The Last of us
Senin, 02 Jul 2018 11:49
Honda Community

Sepeda Motor Masuk Jalan Tol, Apa kata Pakar?

The Last of us
Sabtu, 02 Jun 2018 12:17
Honda Community

Jangan Merokok Sambil Bermotor

INSTAGRAM
FACEBOOK