NEWS
DETAILS
Kamis, 31 May 2018 21:56 - Koentoel Soerobojo

Assalamu'alaikum wr wb


Jumpa lagi ama mimin gaes,  pada bahasan Sejarah Sistem Pengapian Platina Honda C70 sebelumnya di Part 1 dan Part 2 udah mimin ulas mengenai komponen, perbedaan cara kerja pengapian platina dan pengapian CDI. Kali ini akan mimin lanjut dengan pokok bahasan cara kerja rangkaian tertutup dan rangkaian terbuka di sistem pengapian platina.

Mimin awali pada rangkaian tertutup dulu gaes karena awal mula atau bisa disebut pre-ignition pada sistem ini.
Tegangan pengapian bersumber pada kumparan pengapian (spull pengapian) pada alternator, dikarenakan adanya perpotongan GGL (Gaya Gerak Listrik) dengan medan magnet maka Spul pengapian mengeluarkan tegangan pengapian. Tegangan pengapian tersebut melewati ignition switch/ kunci kontak menuju fuse.  Setelah menuju fuse tegangan pengapian menuju primary ignition coil sebagai pembangkit tegangan pengapian pada coil pengapian dan contact point yang bisa kita sebut platina yang pada waktu itu dalam kondisi tertutup sehingga tegangan bisa mengalir ke ground/massa. Bersamaan dengan itu kondensor pun menyimpan tegangan pengapian untuk dialirkan menuju secondary ignition coil pada saat platina terbuka. Oleh karena itu disebut rangkaian tertutup.

Selanjutnya rangkaian terbuka, dikarenakan cam/ nok menyentuh rubbing block yang terhubung dengan kaki platina bergerak menyebabkan contact point dalam posisi terbuka dan tegangan pengapian tidak bisa mengalir hingga ke massa. Akibatnya tegangan pengapian yabg tersimpan di dalam kondensor mengalir ke secondary ignition coil/ kimoaran sekunder koil pengapian. Karena jumlah lilitan pada secondary ignition coil lebih banyak dibandingkan kumparan primer maka tegangan output pada koil pengapian menjadi besar berkisar antara 12000V-25000V,  yang dialirkan ke busi/sparkplug hingga terperciknya bunga api. Oleh karena itu rangkaian tersebut dinamakan rangkaian terbuka. 

Nah udah paham kan gaes kalo kurang paham bisa dibuka ulang link pada part 1 hingga part 3 ini
Semoga bermanfaat,  saran dan kritik yang membangun monggo disalurkan.

Sekian
Wassalamu'alaikum wr wb

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK