NEWS
DETAILS
Minggu, 28 Apr 2019 21:23 - Honda Community

Bro, jika sedang turing ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya.

Kota yang dijuluki sunrise of java ini adalah kota yang menyimpan banyak sekali keindahan alamtapi kulinernya juga enggak kalah dengan daerah lain.

Kami menyarankan, ada empat menu makanan wajib yang asik untuk dinikmati, di antaranya :

RUJAK SOTO

Mendengar kedua makanan ini memang cukup unik, 2 varian jenis makanan bersatu dan menjadi makanan khas.

Rujak dengan lontong, tempe, tahu, dan aneka sayuran yang di tambah bumbu kacang, dicampur dengan kuah soto yang berisi kulit sapi dan babat. Sajian ini menjadi khas di banyuwangi karena rasanya yang maknyus.

Dengan perpaduan antara tempe, tahu, lontong, buah dan sayur lengkap dengan daging, ditambah dengan kuah soto yang bening dan nikmat. Inilah mengapa mastarakat banyuwangi menyebutnya rujak soto.

SEGO TEMPONG (NASI TEMPONG)

Mengapa dinamakan sego tempong? Ini karena di dalam sepiring sego tempong terdapat sambal yang cukup banyak dan membuat wajah anda memerah di ibaratkan seperti di tempong (ditampar).

Makanan ini berisikan aneka sayuran yakni timun, daun ketela, kacang panjang, terung dan lainnya. Untuk lauknya bisa menggunakan apa saja, tetapi biasanya tidak ketinggalan adalah tahu, tempe dan dadar jagung, ditambah dengan sambal khas banyuwangi yang membuat kita merasa ketagihan dengan rasanya. 

PECEL RAWON

Makanan khas banyuwangi satu ini bisa kita jumpai  di rumah makan di sekitar kota Banyuwangi, tepatnya di jalan LA Sucipto 60, Banyuwangi.

Pecel dengan aneka sayuran, tahu, tempe dan bumbu kacang ditambah dengan kuah rawon yang membuat rasa kuliner satu ini menjadi sangat mantap.

Pecel rawon cocok dinikmati dengan beberapa pilihan lauk pauk, yakni empal daging, udang, telor, ayam dan di beri tambahan rempeyek kacang.

Makanan ini cocok dinikmati saat suasana hujan dan pastinya suasana lapar ya, hehehe. Selamat menikmati kuliner satu ini.

BOTOK TAWON (LEBAH)

Bisa dibilang ini salah satu makan ekstrem di Banyuwangi.

Lebah atau tawon memang pada umumnya menghasilkan madu yang sangat manis dengan berbagai macam khasiat.

Namun di banyuwnagi beberapa orang memanfaatkan rumah tawon di kelola menjadi kuliner yang sangat lezat.

Namun untuk mendapatkan kuliner khas satu ini agak susah, karena memang pembuatannya yang terbuat dari sarang tawon.

Bumbu dan isi dari botok tawon ini adalahsarang dan anak tawon dipotong kecil – kecil, gula merah, asam, tomat, bawang merah.

Dan selanjutnya di kukus di dalam dandang.

Botok tawon diyakini bisa meningkatkan stamina pada tubuh pria. Namun jika anda alergi terhadap botok tawon akan menimbulkan gatal - gatal di sekujur tubuh maka dari itu tidak disarankan.

 

 

(Sumber foto : Tribunnews& Kumparan)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK