NEWS
DETAILS
Sabtu, 07 Jan 2017 19:45 - Honda Community

Las Vegas - Honda meluncurkan motor konsep self-balancing yang diperkenalkan pada Consumer Electronics Show di Las Vegas. Honda Riding Assist dapat menjaga sepeda motor tetap tegak meski pada kecepatan lambat.

Melihat sepeda motor yang bisa berdiri tegak dan seimbang mungkin bukan hal baru bagi bro/sis Honda Community. Namun, sejauh ini umumnya hanya menerapkan giroskop yaitu menggunakan sebuah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut.

Teknologi pada Honda Riding Assist ini sebenarnya merupakan evolusi dari sistem yang digunakan di Honda UNI-CUB, mirip robot penguin yang dipergunakan sebagai perangkat mobilitas personal dan lebih dulu mengusung self-balancing.

Honda Riding Assist memanfaatkan peranti kemudi yang dikendalikan secara elektronik. Sistem akan mengubah sudut garpu suspensi depan, sehingga membuat wheelbase motor lebih panjang (trail negatif) dan melepaskan garpu depan dari setang utuk menjaga sepeda motor tetap seimbang.

Sebuah video demo menunjukkan teknologi ini di tempat kerja, termasuk mode self-driving yang dapat membuat sepeda motor bergerak sendiri dengan menggunakan tiga motor listrik di hub roda depan.

Meski motor konsep ini masih dicontohkan pada motor Honda NC, namun teknologi Riding Assist sepenuhnya terletak di ujung depan. Tidak salah jika Honda mengklaim kalau secara teori sistem ini bisa disesuaikan untuk setiap tipe motor yang sudah ada.

Pebalap atau bro/sis Honda Community yang sudah bisa berkendara mungkin tidak perlu perangkat ini, tapi akan sangat berguna kepada orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik untuk bisa merasakan berkendara pakai sepeda motor. Atau menganggap sebuah sistem yang dibutuhkan jika bro/sis lupa menurunkan standar samping ketika turun.

RELATED
NEWS
Honda BigBike
UPCOMING
EVENTS
ORDER NOW!
NEWS
PRODUCTS
VIDEO
COMMUNITY

Mario Iroth dari Wheel Story dan Honda Big Bike Tour de Flores

INSTAGRAM
TWITTER
FACEBOOK