NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Feb 2019 19:16 - Honda Community

Bro, Bogor terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang menawarkan suasana sejuk dan beragam pariwisata.

Gak cuma wisata alam yang misalnya dalam bentuk air terjun, di Bogor ada juga tempat wisata edukasi dan kuliner.

Dikutip dari idntimes.com, ada 5 tempat referensi wisata di Bogor, jawa Barat:

1. Air Terjun Bidadari Sentul Paradise Park

Dulunya air terjun ini disebut Air Terjun atau Curug Bojongkoneng, karena berada di Desa Bojongkoneng. Namun, setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park, namanya diganti dengan Air Terjun / Curug Bidadari. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40-75 meter ini airnya bersumber dari mata air hutan lindung di daerah tersebut.

Tepat di bawah Air Terjun Bidadari ada taman air dengan luas lebih dari 6.000 m². Di taman air ini tubuh terasa sedang ada di pantai kurang lebih sepanjang 150 meter, karena ada pantai buatan yang dilengkapi dengan pasir putih yang diimpor langsung dari Bangka. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas outbound, seperti flying fox dan perahu tangan.

2. Air Terjun Cibaliung

Dikenal juga dengan sebutan Curug Baliung dan Leuwi Cibalung, merupakan salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Bogor. Air terjun ini terletak di Desa Karang Tengah, Sub-Distrik Madang, Sentul. Curug Cibaliung nggak terlalu dikenal, karena lokasinya yang pelosok dan sulit ditemukan.

Meski nggak terlalu tinggi, area Air Terjun Cibaliung menyejukkan dan airnya yang jernih membuat semakin lebih indah. Apalagi ditambah pemandangan sekitarnya yang nggak ada duanya. Di air terjun ada kolam alami yang bisa diselami untuk merasakan kejernihan dan kesegaran airnya.

3. Air Terjun Ciburial

Air Terjun Ciburial atau kadang disebut juga Air Terjun Kembar Ciburial, terletak di Desa Cibeurem, Sentul. Air terjun ini dikatakan sebagai Air Terjun Kembar Ciburial, karena ada dua air terjun yang terletak berdampingan.

Pemandangan indah dan udara pegunungan yang sejuk adalah beberapa pengalaman yang bisa dirasakan di sini. Jika punya nyali lebih, bisa langsung masuk dan berenang di kolam alaminya. Tapi tetap harus hati-hati, karena air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras.

4. Air Terjun Cigamea

Termasuk salah satu air terjun yang paling indah di Bogor, Curug Cigamea beralamat di Desa Gunungsari, Sub-Distrik Pamijahan. Uniknya, air terjun ini terdiri dari dua air terjun yang serupa tapi nggak sama.

Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan berada di celah tebing. Aliran airnya tampak seperti membelah batu cokelat hitam tua. Di sisi lain, air terjun kedua memiliki ciri khas, yaitu tebing yang curam berbentuk seperti dinding dan didominasi oleh bebatuan hitam. Jarak dari air terjun pertama dan kedua adalah sekitar 30 meter.

Aliran air terjun pertama lumayan deras dengan kolam alami yang besar dan warna airnya yang biru kehijauan, itu menandakan kolamnya cukup dalam dan bisa digunakan sebagai tempat berenang. Air terjun kedua posisinya lebih dekat dengan pintu masuk Air Terjun Cigamea dan kolam alaminya gak selebar yang pertama dan gak bisa untuk berenang.

5. Air Terjun Ciherang Jonggol

Air Terjun Ciherang Jonggol terletak di Desa Sukawangi, Sub-Distrik Sukamakmur. Yang menarik dari tempat ini karena adanya gardu pandang berupa rumah pohon kayu di pintu masuk. Yang menarik dari rumah pohon ini, untuk ke rumah pohonnya harus berjalan di atas jembatan kayu dengan pemandangan perbukitan hijau alami yang luar biasa.

Oh iya, karena rumah pohonnya berada di atas pohon besar dengan jurang yang dalam di bagian bawah, harus selalu berhati-hati ketika mengambil gambar atau membawa anak-anak. Prioritaskan keamanan ketika mengunjungi tempat ini. Selain itu, yang punya fobia ketinggian harus menghindari tempat ini.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK