NEWS
DETAILS
Senin, 10 Jun 2019 08:04 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tampil gemilang pada lanjutan CEV International Championship di Barcelona, Spanyol, Minggu (9/6/2019). Pada dua balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya itu, Andi Gilang finish terbaik di posisi kelima pada penampilan perdananya, sedangkan Gerry Salim tembus 10 besar.

Sebelumnya, pada race pertama CEV Moto2 European Championship, Andi mengakhiri balapan di posisi ke-12, sedangkan Gerry finish ke-18. Balapan pertama ini dikurangi durasinya menjadi 11 lap setelah proses pembersihan, menyusul adanya pelumas yang tumpah di lintasan.

Andi memulai balapan dari posisi start ketujuh, tetapi tercecer ke urutan ke-12. Meskipun sempat mengalami masalah, dia bisa mempertahankan posisinya hingga finish. Sementara Gerry memulai balapan dari posisi ke-15, dan akhirnya tersisih dari posisi peraih poin setelah finish di urutan ke-18.

Setelah mempelajari data bersama tim dan melakukan beberapa perubahan sebelum balapan kedua, Andi dan Gerry merasa lebih nyaman dengan motor bermesin Honda 600 cc Moto2 sasis Kalex yang ditungganginya, dan itu terlihat dari performa mereka. Pada balapan kedua, Andi hanya kehilangan satu posisi saat start dan Gerry naik satu posisi. Setelah itu, keduanya berhasil memperbaiki posisi dan melewati pebalap lain, hingga akhirnya bisa menyelesaikan balapan dengan finis di posisi kelima dan ke-10.

Catatan ini menjadi hasil luar biasa buat Andi, karena merupakan penampilan perdana di kelas CEV Moto2. Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu dipercaya tampil dengan tim Astra Honda Racing Team (AHRT) di CEV, selain menjadi andalan di Asia Road Racing Championship kelas Supersport 600.

Andi menceritakan, pada balapan pertama, dirinya mendapatkan beberapa masalah saat start, sekaligus tidak mendapatkan cengkeraman yang bagus saat balapan akan berakhir, sehingga hanya mampu finish di posisi ke-12. "Pada balapan kedua, saya merasa lebih baik sejak awal dan mampu menjaga kecepatan, sehingga saya bisa bertahan di grup depan. Mereka akhirnya bisa lepas karena ada beberapa pebalap di sekitar saya yang bersaing ketat. Saya tetap tenang dan konsisten hingga akhirnya finis di posisi kelima. Saya sangat senang dengan hasil ini," kata Andi Gilang.

Sementara itu, bagi Gerry, finish di posisi ke-10 menyamai rekor terbaiknya di kelas ini yang didapat di Estoril. "Saya senang dengan performa kali ini. Meskipun saya merasa tidak nyaman dengan motor pada balapan pertama dan tidak bisa memacu motor hingga maksimal, kami bisa melihat data dan melakukan beberapa perubahan setting pada balapan kedua. Saya melakukan start dengan baik dan bisa menambah kecepatan hingga akhirnya finis 10 besar," ucap Gerry.

Pebalap AHRT lainnya, Mario Suryo Aji, tidak bisa ambil bagian pada dua balapan CEV Moto3 Junior World Championship di Barcelona, karena cedera yang didapat saat terjatuh pada sesi latihan bebas, Kamis (6/6/2019).

GM Marketing Planning & Analysis AHM A. Indraputra mengatakan hasil yang diraih pebalap binaan AHM menjadi bukti potensi dan kemampuan Andi maupun Gerry, meski tetap perlu pematangan agar mereka menjadi semakin siap bersaing dengan para pebalap di level yang lebih tinggi.

"Kami akan terus konsisten menggembleng dan mengawal para pebalap binaan hingga titik tertinggi yang bisa mereka raih. Kesempatan selalu terbuka dan hasil balap CEV Catalunya bisa dijadikan jembatan menuju arah lebih baik," ujar Indraputra.

 Atas hasil ini, Gerry Salim kini berada di peringkat ke-15 klasemen dengan 16 poin, sementara Andi di posisi ke-16 dan mengoleksi 15 poin meski baru menjalani dua balapan CEV Moto2 European Championship . Putaran berikutnya dari balapan CEV akan berlangsung di MotorLand Aragon, pada 14 Juli 2019 mendatang.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK