NEWS
DETAILS
Kamis, 14 Jul 2016 17:05 - Honda Community

Saat berkendara memang wajib dinikmati, terlebih saat touring jarak jauh bareng teman dan sahabat. Tapi terkadang ada saja hal-hal yang bikin berkendara kurang nyaman. Misalnya mengantuk! Yang membuat heran, sebelum memulai perjalanan sudah cukup beristirahat, namun rasa kantuk terus menerjang.

Kantuk seperti itu bisa saja dipicu dari faktor seperti bosan, lelah, dan yang lainnya. Lalu bagaimana caranya mengusir kantuk yang mendadak muncul seperti itu?

Geber Motor

Terkadang rasa kantuk muncul ketika Anda sedang berkendara di rute yang lurus dan panjang. Pemandangan yang monoton membuat mata terasa rileks dan akhirnya jadi mengantuk. Sebenarnya simple saja cara mengusir ngantuk yang seperti ini. Cukup variasikan bukaan gas, jadi dari pelan, digeber sedikit, lalu pelan lagi, geber lagi. Menggeber motor memicu keluarnya hormon adrenalin yang meningkatkan konsentrasi. Tapi jangan digeber secara ugal-ugalan. Pastikan kondisi jalanan sedang aman.

Bermanuver

Selain geber motor, sekresi hormon adrenalin juga bisa dipicu dengan bermanuver di motor. Bukan maksudnya Brosis mesti salto atau wheelie gitu… Tapi cukup melakukan maneuver zig-zag. Tentunya hal ini cuma bisa dilakukan saat kondisi jalan kosong ya. Terlalu beresiko kalau jalanan sedang ramai!

Gigit Lidah

Ini trik yang lazim digunakan oleh supir truk. Bro/sis bisa menggigit lidah atau menggesek-gesekkan lidah ke gigi seri bagian atas. Hal ini bertujuan agar otak melupakan rasa ngantuknya dan beralih ke bagian lidah.

Bernyanyi

Pakai helm fullface? Pede aja nyanyiin lagu kesayangan Bro/sis keras-keras pas serangan kantuk mulai menyerang. Ga usah malu kalau suaranya sumbang, ketutup sama angin juga suaranya. Jadi gak kedengeran. Bernyanyi juga bertujuan bikin otak lupa sama ngantuknya.

Menepi

Kalau keempat cara diatas tidak mampu menolong Bro/sis dalam menyingkirkan rasa kantuk, pilihan terakhir adalah menepi di tempat yang aman. Lebih baik istirahat sejenak sembari minum dan makan cemilan. Bro/sis bisa pilih berhenti di warung, masjid, minimarket, atau pos polisi. Yang penting tempatnya aman deh. Sekedar tambahan nih, buat Bro/sis yang doyan ngopi, coba tambahkan sejumput garam pada secangkir kopi Bro/sis. Sedikit aja, setengah sendok teh aja udah berasa kok. Trik ini terkenal di kalangan supir taksi dan supir truk pantura lho Brosis!

Nah, bagaimanapun juga dalam setiap perjalanan perlu ada persiapan yang matang. Namun yang tak kalah pentingnya adalah kesabaran. Ya, kalau memang sudah waktunya istirahat, lebih baik bersabar saja untuk memulihkan tenaga. Kalau masih maksa jalan pas ngantuk sih bahaya banget. Konsentrasi jauh berkurang, badan terasa lemas, dan kepala terasa berat. Jangan sampe kejadian deh ketiduran sejenak dan kebangun udah nyemplung di got. Gak rame banget buat diceritain ke anak cucu Bro/sis.

foto: radanafinance.co.id

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK