Selasa, 27 Feb 2018 13:27
Honda Community

Lihat Spion dan Lampu Sein Belum Cukup, Begini Seharusnya Saat Berkendara

 

 

Bermanuver diatas motor tidak boleh ceroboh, banyak hal harus diperhatikan karena menyangkut keselamatan. Kelengkapan berkendara untuk berbelok salah satunya spion untuk mengontrol keadaan dibelakang, ditambah lampu sein sebagai isyarat berbelok untuk kendaraan lain dari depan dan belakang. Namun ritual lihat spion dan menyalakan lampu sein atau lambaian tangan saja ternyata tidak cukup.

"Sein sebagai isyarat berbelok sudah cukup untuk kendaraan lain, tapi lebih penting mengontrol keadaan sekitar, tentu spion saja tidak cukup," buka Jusri Palubuhu, salah seorang instruktur safety riding.

Maksud Jusri, refleksi dari spion sangat terbatas, tidak lebih dari 60 % keadaan dibelakang yang bisa terpantau. Ada yang disebut blindspot atau area buta yang tidak terlihat di spion. "Maka pengendara tetap harus menolehkan wajahnya kearah belakang dia akan berbelok, tapi sebelum menoleh kondisi keadaan didepan sudah aman," ujar lelaki yang jasanya banyak dipakai komunitas bahkan pabrikan motor untuk memberikan pelatihan cara berkendara yang aman.
 
Jangkauan spion untuk memantau kondisi dibelakang motor mulai dari jarak 1 meter disamping belakang motor. Sementara keadaan disamping motor tidak bisa terlihat, itulah fungsi menolehkan pandangan, untuk memastikan area samping motor aman untuk berbelok.

"Saya sudah terbiasa melakukan ritual tersebut, tapi sebelum menengok kita pastikan dulu keadaan didepan aman sembari melambatkan laju kendaraan. Dan ketika dipersimpangan jalan, saya terbiasa berhenti sejenak untuk memastikan keadaan aman dari semua arah," kali ini Luqita Aswara alias Yukie seorang bikers dari H125C (Honda Karisma Supra 125 Community) Purwakarta  yang juga menyebut control sangat diperlukan ketika berkendara, mengontrol kendaraan, mengontrol emosi juga mengontrol keadaan.

Sering terjadi pengendara hanya sekilas melihat spion dan menyalakan sein lalu seketika berbelok, karena merasa sudah aman dan menyalakan lampu sein, ternyata saat motor sudah berbelok disebelahnya ada kendaraan lain, apalagi dengan lalu lintas perkotaan yang ramai dan padat kondisi tersebut sangat mungkin terjadi.

"Sekali lagi saya sebut bahwa lampu sein dan spion hanya alat bantu. Ada baiknya spion dilengkapi dengan kaca cembung yang jangkauannya lebih luas. Tapi tetap disarankan untuk menoleh untuk lebih memastikan keadaan disamping kendaraan kita," tutupnya. (hondacommunity.net)

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 02 Oct 2018 13:34
Honda Community

Bahaya Pakai Rok Panjang Saat Berkendara Motor

The Last of us
Minggu, 02 Sep 2018 12:34
Honda Community

Tiga Hal Ini Harus Diperhatikan Pengguna Moge Baru

The Last of us
Senin, 02 Jul 2018 11:49
Honda Community

Sepeda Motor Masuk Jalan Tol, Apa kata Pakar?

The Last of us
Sabtu, 02 Jun 2018 12:17
Honda Community

Jangan Merokok Sambil Bermotor

The Last of us
Rabu, 02 May 2018 11:36
Honda Community

Begini Cara Bermanuver yang Benar di Jalan Jenurut Pakar

INSTAGRAM
FACEBOOK