NEWS
DETAILS
Jumat, 01 Jul 2016 17:24 - Karisma Fans Club

Jalan raya merupakan jalan umum yang dapat dilalui semua jenis kendaraan mulai dari sepeda motor sampai kendaraan besar. Karena kendaraan besar tidak dapat berjalan terlalu cepat, membuat pengendara lainnya seperti pengendara sepeda motor tak jarang ingin menyalip kendaraan besar tersebut. Tetapi tidak sedikit sepeda motor yang terlibat kecelakaan di jalan raya karena kurang kehati-hatian dalam berkendara, atau karena kesalahan lainnya.

Untuk menghindari kecelakaan di jalan raya, ada baiknya Anda mematuhi etika dalam berkendara. Salah satu etika berkendara yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah menyalip kendaraan besar ketika berada di jalan raya. Sering kali pengendara tidak memperhatikan sekitarnya sebelum menyalip kendaraan besar sehingga tidak jarang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut ini tips aman untuk Anda pengguna sepeda motor yang ingin menyalip kendaraan besar:

– Perhatikan Kondisi Jalan

Ketika ingin menyalip kendaraan besar, perhatikanlah kondisi jalan disekitar Anda apakah ada jalan yang berlubang atau tidak. Keadaan jalan yang berlubang akan menyulitkan Anda ketika menyalip kendaraan.

– Salip Kendaraan dari Kanan

Untuk menyalip kendaraan besar yang ada di depan Anda sebaiknya Anda menyalip kendaraan dari sebelah kanan dengan menggunakan lampu sein. Lampu sein ini berfungsi untuk memberikan tanda pada kendaraan yang ingin Anda salip ataupun kendaraan yang berada di belakang Anda.

– Beri Tanda

Ketika Anda ingin menyalip kendaraan lain, ada baiknya Anda memberi tanda kepada kendaraan disekitar Anda. Anda dapat memainkan lampu jauh atau menglakson kendaraan yang berada di depan Anda untuk memberi tahu bahwa Anda berada didekat kendaraan mereka.

– Perhatikan Kendaraan Lain

Untuk menyalip kendaraan, sebaiknya Anda memperhatikan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Apakah ada kendaraan lain yang ingin melintas, jika tidak ada kendaraan lain yang akan melintas, Anda dapat segera menyalip kendaraan besar di depan Anda.

Berkendara sesuai dengan etika berkendara akan membuat Anda lebih aman, sebaiknya pikirkan matang-matang ketika Anda akan menyalip kendaraan lain terutama kendaraan besar. Pastikan kecepatan sepeda motor Anda dapat melaju lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan yang disalib, hindari juga menyalip kendaraan lain ketika berada di tikungan dan di jembatan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK