NEWS
DETAILS
Senin, 27 Nov 2017 13:25 - Honda Community

Hujan bukan hanya bikin penampilan motor bro/sis jadi tidak enak dipandang, belum lagi beberapa masalah bakal timbul. Yang paling utama adalah soal karat, tapi ada juga hal lain yang patut diwaspadai yakni umur komponen jadi lebih pendek. Kok bisa?    

Tanpa disadari pasir yang dibawa saat motor melintas di genangan air dan kerap dijumpai pada bagian kaki-kaki dan kolong motor. Hal ini yang jadi salah satu pemicunya.

Pasir yang ikut pada kaki-kaki seperti supensi, lengan ayun, radiator, cakram, dan tromol bisa sangat merugikan. Ketika pasir masuk ke kampas rem bisa berpotensi menggores piringan cakram, karena rata-rata terdiri dari krikil yang susah untuk hancur.

Khusus untuk motor yang memiliki radiator, pada bagian luar sangat rentan untuk dihinggapi pasir ketika hujan. Efek dari kotoran yang melekat pada kisi-kisi bisa menghambat pernapasan yang membuat sistem pendingin tidak bekerja maksimal.

Sedang untuk motor yang memiliki pengerak CVT juga rentan, pasir mengendap di blok CVT dan masuk ke dalamnya bisa sangat merusak. Pasir bisa melekat pada belt yang ikut berputar dan membuat puli CVT jadi baret dan bikin banyak suara bising.

Salah satu cara untuk menghindarinya sering-sering membilas motor sehabis terguyur hujan ya, bro/sis.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK