NEWS
DETAILS
Sabtu, 18 Feb 2017 15:25 - Honda Community

Kejadian putus kabel kopling memang tidak bisa diduga, bisa terjadi kapan dan dimana pun, celakanya beberapa motor part pengganti tali kopling tidak terdapat di semua toko spare part. Hal ini tentu akan menyulitkan bro/sis yang mengalami kejadian ini di derah terpencil.

Salah satu pertolongan daruratnya adalah mengganti kabel koplig bawaan motor dengan kabel kopling Vespa, namun perlu disimak ada perbedaan dengan kabel kopling kebanyakan. Tali atau kabel kopling di motor modern didesain satu kesatuan dengan rumah kabel atau biasa disebut kabel luar.

Tali kopling Vespa, bagian kabel luar dan kabel dalam di jual terpisah, artinya bro/sis bisa membeli kabel dalamnya saja untuk mengganti yang putus. Jadi tidak perlu mengeluarkan kabel luarnya, cukup menarik keluar kabel dalam atau tali kopling untuk diganti yang baru.

Cara pasang kabel kopling Vespa cukup mudah dilakukan sendiri, cukup menyediakan kunci ring 8 dan tang, lepas dulu kabel kopling atau tali koplingnya, kabel luar tidak usah dilepas. Setelah itu tali kopling Vespa dimasukan ke kabel luar tadi, sebelumnya lumuri tali kopling dengan oli atau grease.

Langkah berikutnya yaitu memasang nipel pada tali kopling yang telah dikaitkan pada tuas pengungkit, langkah terakhir menyetel jarak main kopling, tarik tali kopling dengan tang kemudian kencangkan nepel menggunakan kunci 8, pastikan setelan jarak mainnya sudah sesuai.

Sebagai informasi, harga tali kopling Vespa jauh lebih murah dibanding kabel kopling original motor. "Kekuatannya boleh diadu, tahu sendiri kan kopling Vespa lebih berat nariknya," ujar Kris, pemilik Galaxy Motor di bilangan Kebagusan, Jaksel. (hondacommunity.net)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK