Kamis, 28 Dec 2017 13:20
Honda Community

Jika Motor Lebih Tinggi Dari Badan, Begini Cara Bawanya

Bagi bro/sis Honda Community yang ukuran tinggi badan yang kurang, berkendara menggunakan sepeda motor yang tinggi seperti varian sport bisa jadi hal yang merepotkan. Terlebih belum lama ini Honda baru meluncurkan produk motor adventure yakni Honda CRF250 Rally dan CRF1000L Africa Twin dengan postur yang jangkung.

Alih-alih kaki tak bisa sentuh aspal, malah berakibat vatal. Supaya kejadian tidak mengenakan tersebut tidak meimpa bro/sis, enggak ada salahnya simak rangkuman trik mengendarai motor bagi biker yang kurang tinggi, yang coba kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Berlatihlah untuk tidak terlalu sering meletakan kedua kaki di atas tanah

Kesulitan paling utama bagi pengendara motor dengan tinggi badan yang kurang adalah kesulitan untuk menginjakan kaki diatas tanah saat sedang berhenti diatas motornya. Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara sering melatih untuk tidak sering meletakan kaki di atas tanah saat sedang berkendara. Sesekali, cobalah untuk membiasakan menggunakan satu buah kaki saja saat berhenti menggunakan motor, hal ini bisa membuat pengendara lebih stabil menahan berat motor. 

  1. Perhatikan lokasi sebelum memarkir motor

Sebelum memarkir motor, perhatkanlah terlebih dahulu apakah lokasi tersebut memungkinkan untuk memarkir motormu. Apakah kuat atau tidak jika motor distandarkan, jika permukaannya berupa tanah atau bukan tembok yang kuat, motor tidak akan terjaga dengan baik. Selain itu, perhatikan pula apakah lokasi tersebut memungkinkan untuk anda bisa memutarkan motor. Hal hal seperti ini sangat penting karena jika tidak memungkinkan, anda sendiri yang akan kesulitan saat hendak kembali berkendara.

  1. Jangan ragu untuk mendorong saat berhenti

Jika kedua kaki anda belum bisa menginjak dengan baik saat berada di atas motor dan hendak memarkirkan atau sekedar memundurkan motor, jangan ragu untuk turun dari motor dan mendorongnya. Beban motor yang anda bawa tidak ringan, oleh karena itu cobalah untuk berdiri di samping motor. Berada di sebelah kiri motor dan memegang stang dengan dua tangan serta sedikit menyenderkan motor pada pinggul sebelah kanan anda.

  1. Bersandarlah ke sebelah kiri saat berhenti

Saat berhenti sejenak seperti berada di persimpangan lampu merah, cobalah untuk menyandarkan tubuh dan motor anda ke sebelah kiri. Hal ini karena kaki kanan anda harus tetap berada pada pedal rem belakang agar motor bisa berhenti dengan baik.

  1. Perhatikan di mana Anda berhenti

Agar tidak mengalami kecelakaan saat berkendara, tetaplah waspada dan perhatikan dimana anda berhenti. Jangan berhenti secara mendadak dan berghenti di tempat yang memungkinkan terjadi kecelakaan seperti keluar dari jalur dan berhenti di depan garis lampu merah karena akan membahayakan keselamatan anda sendiri dan orang lain.

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 07 Sep 2018 11:47
Honda Community

Ciri-ciri Oli Shockbreaker Depan Harus Diganti

The Last of us
Sabtu, 25 Aug 2018 11:56
Honda Community

7 Langkah Merawat Skutik Injeksi Agar Lebih Awet

The Last of us
Selasa, 07 Aug 2018 19:20
Honda Community

Memahami Batas Toleransi Ideal Tekanan Ban

The Last of us
Rabu, 25 Jul 2018 14:41
Honda Community

Yang Harus Dilakukan Jika Busi mati di Jalan

The Last of us
Sabtu, 07 Jul 2018 13:47
Honda Community

Setel Sendiri Piranti CBS Pada Motormu

The Last of us
Senin, 25 Jun 2018 16:52
Honda Community

Kenapa Inreyen Pada Sepeda Motor Baru Itu Penting?

CARI AMAN
The Last of us
Selasa, 02 Oct 2018 13:34
Honda Community

Bahaya Pakai Rok Panjang Saat Berkendara Motor

The Last of us
Minggu, 02 Sep 2018 12:34
Honda Community

Tiga Hal Ini Harus Diperhatikan Pengguna Moge Baru

INSTAGRAM
FACEBOOK