NEWS
DETAILS
Minggu, 25 Mar 2018 07:36 - Honda Community

Terkadang karena masalah waktu yang terburu-buru, mungkin diantara bro/sis ada yang mengabaikan memanaskan mesin motor kesayangan terlebih dahulu sebelum dipakai jalan. Cara tersebut tidak dibenarkan.

Motor yang tidak dipakai dalam waktu lama mengakibatkan mesin jadi dingin, mesin motor yang dingin pastinya tidak akan maksimal jika dipakai.

Alasan kenapa mesin motor perlu dipanaskan sebelum dipakai? Karena motor yang enggak dipakai itu akan membuat oli mesin turun ke dasar mesin, juga suhu mesin motor berubah jadi dingin.

Dengan kita memanaskan motor oli akan naik dan akan melumasi mesin dengan sempurna, hingga membuat motor lebih enak dipakai. Sedangkan motor yang dipakai tanpa dipanaskan itu berisiko merusak motor, karena mesin motor belum terlumasi oli secara sempurna.

Mesin yang enggak terlumasi oli secara sempurna ini bisa bikin komponen mesin langsung bergesekan satu sama lain lebih besar karena perlindungannya tidak maksimal.

Biasanya waktu memanaskan motor paling baik dalah ketika pagi hari, dimana motor belum dipakai semalaman. Dan cara yang benar adalah dengan menggunakan kick starter.

Minimal tiga menit oli sudah merata. Supaya lebih maksimal jangan pakai electric starter, hitung-hitung meringankan tugas aki. 

 

(Foto : Otomotif Kompas)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK