NEWS
DETAILS
Kamis, 05 Apr 2018 07:58 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Setiap kendaraan memiliki saluran pembuangan gas pembakaran yang biasanya kita sebut dengan nama knalpot, Bagian Sepeda motor yang satu ini karena terlihat dengan jelas kadang dimodif sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi lebih cakep daripada standarnya meskipun beberapa motor knalpot standarnya saja sudah terlihat bagus.

Di pasaran, knalpot memiliki beragam model dan bentuk tujuannya dibuat seperti itu selain untuk mendongkrak penampilan juga untuk mendongkrak tenaga sehingga power yang dihasilkan berbeda dibandingkan menggunakan knalpot standar.

Namun selain sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran, knalpot juga memiliki fungsi lain yang patut kawan-kawan ketahui bersama. Fungsi-fungsi lain dari knalpot tersebut bisa kawan-kawan lihat di bawah ini.

1.Peredam suara mesin

Karena mesin sepeda motor menggunakan teknologi pengkompresan udara kemudian dibakar atau meledakan bahan bakar untuk diubah menjadi tenaga gerak. Maka ledakan tersebut pastinya mengeluarkan suara yang cukup keras dan mengganggu. Untuk itu butuh komponen guna meredammnya yang disebut knalpot. Peredaman suaranya sendiri juga bervariasi, ada yang disetting dengan suara yang masih agak keras namun 'merdu' yang banyak digunakan untuk motor sport atau untuk balap, Selain itu peredaman yang sangat pelan, biasanya untuk motor standard pabrikan yang biasanya memiliki suara yang cukup pelan bahkan nyaris tidak terdengar.

2. Meningkatkan tenaga mesin

Tidak dipungkiri karena knalpot sifatnya untuk meredam, maka gas buang hasil pembakaran mesin kadang dihambat lajunya. Peredaman tersebut menjadikan tenaga mesin berkurang. Namun dengan settingan yang pas dan perhitungan yang tepat, knalpot justru bisa jadi pendongkrak tenaga mesin sepeda motor. Untuk peredam gas buang yang bisa mendongkrak tenaga mesin sepeda motor ini biasanya disebut dengan knalpot racing dan biasanya memiliki suara yang lebih keras dibandingkan dengan knalpot standard bawaan pabrikan.

3. Mengurangi polusi udara

Untuk era sekarang ini teknologi terbaru knalpot sudah menggunakan catalityc converter yang berfungsi untuk membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi emisi gas buang yang dikeluarkan dan dapat mengurangi peningkatan dari polusi udara.

Bagaimana nih kawan-kawan??? ternyata Knalpot punya banyak fungsi juga kan???

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK