NEWS
DETAILS
Jumat, 22 Jun 2018 12:40 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Mudik merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan sekaligus cukup melelahkan. Tak hanya bagi manusia yang melakukannya tapi juga bagi motor kita yang diajak serta saat mudik.

Agar tetap nyaman digunakan selepas mudik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan pada sejumlah komponen di sepeda motor 

Oli atau pelumas

Untuk oli mesin, lazimnya diganti setiap 2.000 kilometer. Namun, di saat mudik Lebaran atau melakukan perjalanan jauh, ada konsumen yang langsung menggantinya, sekalipun jarak tempuh masih di bawah 2.000 atau 1.500 kilometer. Penggantian oli secara teratur dapat memberikan keuntungan banyak. Sebab, oli bertugas melumasi setiap bagian mesin untuk dapat berputar dengan baik.

Ban

Biasanya tekanan angin ban dapat berubah setiap melakukan perjalanan jauh. Bahkan, tidak jarang ban menipis jika jalur yang digunakan bebatuan yang dapat menggerus karet ban dengan cepat. Pengecekan ban perlu dilakukan agar perjalanan berikutnya dapat dilakukan dengan aman.

Rem

Komponen rem ini memiliki tugas cukup berat terlebih ketika jalanan macet. Untuk itu, periksa bagian rem ini mulai dari kanvas rem, oli rem, hingga ketegangan rem.

Karburator atau injektor, kopling, katup

Biasanya, setelah melakukan perjalan jauh settingan sepeda motor terkadang berubah. Untuk itu, periksa kondisi sepeda motor dapat dengan cara servis ringan, tune up, dan memeriksakan karburator atau injektor termasuk katup. Hal itu semua dilakukan agar kuda besi Anda kembali bertenaga.

Continously Variable Transmission atau CVT

Saat ini pengguna skuter matik cukup banyak dan jumlah yang digunakan pemudik pun banyak. Untuk jenis motor tersebut, pemeriksaan Continously Variable Transmission (CVT) wajib dilakukan. Alasannya karena komponen itu adalah penggerak utama dari kuda besi Anda. Bagian yang wajib diperiksa adalah roller, v-belt, serta kopling otomatis. Bila terlihat sudah tipis, segera ganti.

Kelistrikan, kabel kelistrikan atau pengapian

Hal yang perlu diperhatikan lain adalah kabel kelistrikan dan sistem pengapian. Sekalipun memiliki usia cukup lama, komponen ini perlu diperhatikan pula.

Kaki-kaki

Terakhir adalah kaki-kaki. Selama perjalan mudik, jalanan yang dilalui mungkin tidak seluruhnya mulus. Untuk itu, pemeriksaan pelek, jari-jari pelek, hingga shockbreaker perlu dilakukan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK