NEWS
DETAILS
Sabtu, 07 Jul 2018 13:47 - Honda Community

Bro, fitur Combi Brake System (CBS) berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap sampai kecepatan 0 kilometer/jam.

Dengan hadirnya teknologi CBS ini pengendara sepedamotor mampe melakukan pengereman bertahap dengan aman lantaran adanya pembagian torsi tekanan disalurkan pada rem depan dan rem belakang.

Atau bisa dikatakan, pada rem depan jarak pengeremannya lebih pendek (umumnya sekitar 30%) sedangkan rem belakang jarak pengeremannya lebih panjang (sekitar 70%).

Sehingga jika digabungkan akan menghasilkan pengereman yang optimal dan tepat dan tentunya aman.

Nah bagi kamu pemilik sepeda motor dengan sistem pengereman CBS, Honda Vario 125 PGM-FI CBS, Vario 150, Scoopy dan Honda BeAT PGM-FI CBS bisa melakukan penyetelan sendiri.

Seperti dilansir laman resmi Federaloil.co.ic untuk penyetelan toleransi CBS bisa dilakukan melalui baut setelan rem di rem depan atau rem belakang.

Di bagian depan, anda harus membuka cover setang.

Setelah itu, cari baut setelan yang berada di master rem depan, tepatnya di bawah.

Baut ini bisa diputar agar rem belakang bergerak lebih maju lagi dan membuat rem semakin pakem, untuk torsi pengencangan baut ini sekitar 6,4 N.m (0,7 kgf.m).

Sementara untuk penyetelan tuas rem belakang, anda cukup memutar baut setelan yang ada di rem teromol. Perlu diketahui, semakin ke dalam rem akan lebih pakem.

Jarak main atau toleransi tuas rem sekitar 10 - 20 mm. Itu diukur dari keadaan bebas hingga tuas ditarik untuk pengereman.

Satu lagi, anda juga harus mengetahui batas penggantian cakram depan. Standarnya, ckram memiliki ketebalan 3,3-3,7 mm. Jika ketebalannya sudah 3,0 mm. sebaiknya dilakukan penggantian.

Selamat mencoba.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK