NEWS
DETAILS
Jumat, 10 Aug 2018 19:07 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Selama ini, sebagian orang beranggapan bahwa tutup pentil pada ban adalah sesuatu yang tidak penting sehingga sering kali diabaikan keberadaannya dan tidak jarang yang membiarkannya tidak terpasang.

Namun ternyata tutup pentil memiliki fungsi sebagai penutup agar tekanan angin pada ban tidak keluar melalui pentil. Namun, tak hanya itu saja, sebenarnya ada fungsi vital dari penutup pentil pelapis karet pada velg tersebut.

Dari bentuknya yang kecil, tutup pentil sekilas bukan barang yang istimewa. Para pengendara sepeda motor kadang tidak mempedulikan fungsi dari si kecil penutup pentil itu.

Para pengendara tersebut berpikir, tanpa penutup pentil pun kalau ban terkena paku pasti akan bocor juga. Makanya, banyak sekali kita temukan ban-ban yang tidak memakai penutup pentil.

Ternyata tutup pentil bukan sekadar penahan tekanan angin yang keluar melalui pentil. Ada fungsi vital dari penutup tersebut. Yaitu melindungi pentil dari kotoran dan debu yang masuk dan menempel pada pentil. yang akan membuat pentil menjadi awet dan tidak mudah rusak tentunya.

Jika pentil tidak dilindungi oleh penutup, debu atau kotoran akan menempel pada komponen pentil bagian dalam seperti seal karet. Ketika kita sedang menambah tekanan angin ban, maka kotoran itu akan terdorong masuk dan merusak seal pentil. Hasilnya, pentil pun akan rusak dan harus diganti dengan yang baru.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK