NEWS
DETAILS
Selasa, 25 Sep 2018 20:46 - Honda Community

Bro, motor matic Honda keluaran terbaru sekarang sudah menganut teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter.

Starter tipe ini tidak lagi membutuhkan dinamo starter konvensional untuk memutar kruk as dan menciptakan pembakaran awal.

Pada ACG Starter tidak adalagi dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya, makanya motor matic Honda sekarang bersuara halus saat tombol starter dipencet.

Perangkat starter yang sekaligus menjadi altenator ini sebenarnya sudah diadopsi pertama kali pada Honda PCX 125.

"Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan lebih minim getaran," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).

Cara kerja ACG starter sebenarnya sama seperti prinsip kerja alternator pada umumnya. Hanya bedanya, pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin.

Alternator pada Vario Techno 125 ini memiliki 12 kutub magnet permanen yang terdapat di fly wheel. Juga memiliki 18 kumparan yang memiliki kutub magnet remanen atau magnet tidak tetap. 18 kumparan ini dibagi menjadi 3 hall yang berbeda.

Ketika tombol starter ditekan, arus listik akan langsung mengalir menuju FET circuit di Electronic Contol Module (ECM) yang membagi arus listik yang masuk secara kombinasi ke 3 hall dalam kumparan tadi.

"Tujuannya tercipta medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak," jelas pria ramah ini.

Ketika flywheel berputar, otomatis memutar kruk as dan membuat piston naik-turun menghidupkan mesin.

Setelah mesin hidup, aliran listik ke kumparan diputus. Fungsinya kembali menjadi alternator yang menghasilkan arus listik untuk disimpan ke aki.

"Motor ini sistem pengisiannya juga sudah tiga phase. Arusnya lebih stabil dan kecil kemungkinan akan tekor," jelas Endro sambil menunjukan aki Vario Techno 125 yang menggunakan spesifikasi 12 V–5 Ah.

Didukung Dekompresi dan Swing Back

Agar lebih mudah menghidupkan mesin, ACG starter juga didukung dengan dua komponen lainnya. Yaitu dekompresi dan swing back.

Dekompresi berfungsi untuk mengurangi atau membocorkan kompresi saat awal melakukan starter, efeknya proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan. Pada Vario Techno 125 dekompresi diatur oleh mekanisme di noken as.

Sedang swing back adalah posisi kruk as yang berputar ke arah berlawanan sebelum starter diaktifkan.

Gunanya untuk memberikan kesempatan pada piston mengambil ancang-ancang, sehingga mesin lebih mudah dihidupkan dengan daya lebih kecil.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK