NEWS
DETAILS
Jumat, 29 Mar 2019 13:01 - Honda Community

Kawan-kawan... Sering kali kita saat menggunakan sepeda motor, tidak mengendarainya seorang diri, namun membawa boncenger yang menemani perjalanan kita baik saat panas maupun saat hujan.

Nah biar aman selama perjalanan, ternyata tidak asal naik saja, ada beberapa hal yang patut diperhatikan kalau kita membawa atau menjadi boncenger. 

  • Yang paling penting yaitu gunakan kelengkapan safety riding seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu ya. Nah buat kawan-kawan yang bawa motor, harus sadar dengan tanggung jawab keselamatan selama berboncengan. Taati peraturan lalu lintas dan jangan ugal-ugalan!
  • Ingat kalau Sepeda motor didesain hanya untuk membawa 2 orang, yaitu pengemudi dan pembonceng. Hal ini terkait dengan kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor, jadi jangan bawa boncengan lebih dari satu yah!
  • Kalau mau jadi boncenger pilih orang yang benar-benar mampu mengendalikan laju motor. Kawan-kawan yang baru belajar mengendarai motor lebih baik hindari dulu membonceng adik atau teman. Biasanya masih kaku bawa motornya, apalagi kalau ditambah beban ekstra.
  • Pada saat membonceng, Kawan-kawan harus dapat mengatur pergerakan titik berat keduanya agar seirama dengan pergerakan motor. Jangan sampe nikung ke kiri, boncenger malah miring ke kanan. Kalau sampai seperti itu, keseimbangan motor akan terganggu! Untuk memudahkan pengemudi motor, pembonceng harus duduk menghadap kedepan searah dengan pengemudi dan berpegangan kepada pengemudi sehingga pergerakan pembonceng akan mengikuti pergerakan pengemudi.
  • Perhatikan tekanan angin ban pada saat berboncengan. Ban yang kempes membuat tarikan motor jadi makin berkurang. So, kalau mau boncengin sih ada baiknya cek dulu tekanan angin ban. Terutama untuk kawan-kawan yang jarang boncengin orang.
  • Untuk boncenger juga ada aturannya lho. Pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor. Ikuti gerakan teman yang mengendarai motor.
  • Hindari juga membonceng wanita dengan posisi miring. Motor akan jadi berat sebelah dan menyulitkan dalam pengendaliannya. Hindari juga menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.

?Itu dia beberapa tips kalau kita bawa boncengan, Ingat selalu berhati-hati yah di jalan raya

 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK