NEWS
DETAILS
Sabtu, 29 Jun 2019 14:33 - Honda Community

Dalam membersihkan mesin motor dapat dilakukan dengan berbagai cara, ada yang dilakukan dengan mudah dan ada yang perlu menggunakan alat khusus. Sebelum memulai membersihkan mesin motor tentunya kita perlu tahu jenis kotoran yang menempel pada blok mesin motor.

Hal tersebut penting dilakukan dikarenakan dengan mengetahui kotoran / kerak yang menempel, tentunya kita tahu bahan dan alat apa saja yang diperlukan nanti supaya dapat menghilangkan kotoran serta membuat motor kinclong seperti baru lagi.

Jenis kotoran yang sering dijumpai adalah karat dan kerak. Hal tersebut terjadi disebabkan letak mesin bagian luar yang berinteraksi dengan udara bebas menjadikan kotoran dapat menempel langsung di permukaan mesinnya.  Apalagi ada rembesan oli dipermukaan mesin yang tersisa akan menjadikan kotoran lebih cepaat menempel.

Sedangkan pada karat akan terjadi akibat reaksi antara besi dan air. Hal tersebut terjadi apabila motor tidak dirawat dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu perlunya penanganan yang baik.

Berikut ada 6 tips ampuh membersihkan dan mencuci motor dari kerak serta karat yakni :

1. Gunakan Air Deterjen

 Langkah pertama yaitu harus membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran. Hal tersebut bertujuan supaya dapat memilah bagian kerak yang dapat dibersihkan dengan mudah. Pada langkah ini, untuk pembersihannya perlu menyiapkan air yang telah dicampur dengan deterjen atau cairan pembersih piring. Siapkan juga kain lapnya.

Caranya yakni cukup basahi kain lap dengan air deterjen yang tersedia, kemudian usapkan kain di area permukaan mesin samapi noda sepert noda tanah dan noda oli jadi hilang.

2. Pakai Bantuan Bensin / Solar

Bensin / solar selain cepat terbakar juga mempunyai sifat membilas. Dlam artian bahan bakar tersebut dapat mengangkat kotoran terutama noda oli disela-sela mesin dengan mudah.

Caranya cukup mudah tinggal siapkan bahan bakar didalam bak penampung dan koas ( sikat gigi bekas ) sebagai media pembilas. Lakukan pembersihan di area mesin dengan menggunakan koas / sikat gigi. Langkah ini cukup baik karena kotoran akan langsung terbawa oleh molekul bahan bakar tersebut.

3. Gunakan Cairan Pembersih Wastafel

Penggunaan cairan pembersih westafel atau WC terbukti ampuh dalam menghilangkan kerak / noda membandel untuk permukaan kloset. Caranya perlu sediakan cairan pembersih kloset dalam wadah dan sikat kasar ( sikat gigi / sikat kawat yang berbulu kasar ).

Melakukannya cukup celupkan sikat dalam cairan pembersih lalu gosokkan sikat pada permukaan mesin yang berkerak hingga kotoran terangkat. Setealh dibersihkan menggunakan cairan wastafel bisa melanjutkannya dengan membersihkan menggunakan deterjen agar lebih bersih.

4. Gunakan Larutan Asam Cuka

Larutan asam cuka juga terbukti menghilangkan karat dari permukaan besi. Zat asam dalam cuka akan menghilangkan karat sebagai hasil oksidasi besi menggunakan oksigen.

Cara untuk melakukan langkah ini hanya perlu membasahi area permukaan mesin yang memiliki karat menggunakan cuka dan menggosoknya dengan sikat. Namun, larutan asam cuka ini mempunyai efek dapat merusak cat pada body motor. Untuk itu pastikan tidak ada asam cuka yang menetes ke body motor.

5. Amplas Bagian Yang Berkarat

Langkah ini dapat dilakukan apabila kondisi mesin dalam keadaan karat yang parah. Karat sendiri terbentuk dari reaksi air yang terdapat pada blok mesin yang berbentuk besi. Oleh karena itu karat yang ada di permukaan blok mesin dapat diamplas guna menghilangkannya. Anda dapat menggunakan amplas halus apabila permukaan karat dalam kategori ringan dan bisa menggunakan amplas yang lebih kasar apabila karat sudah memiliki ketebalan besar.

6. Cat Ulang Mesin Motor Anda

Langkah ini dilakukan jika kondisi mesin terlampui parah ( karat dan kerak menempel hampir dikeseluruhan pada bagian mesin ) Namun, pengecatan ini bersifat mengaburkan warna blok mesin saja. Jadi warnanya mungkin tampak lebih baru namun permukaannya tetap sama. Oleh karenanya sebelum melakukan pengecatan ulang pada blok mesin, dianjurkan untuk melakukan pembersihan dengan baik seperti pencucian sampai dengan pengamplasan supaya hasil terlihat lebih bagus.

Dalam pengecatan harus membongkar semua bagian mesin dan teknik pengecatan mesin, karena pengecatan jangan sampai terkena pada bagian dalam mesin. Jadi harus ada penutup yang rapat (kertas) supaya cat tersebut tidak menyelinap masuk di area permukaan dalam mesin.

Demikian artikel tentang tips ampuh membersihkan dan mencuci motor dari kerak, semoga bisa membantu menjaga kebersihan motor Anda. Lihat juga harga Vario 150 terbaru yang bisa dijadikan referensi.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK