NEWS
DETAILS
Selasa, 09 Aug 2016 10:39 - Honda Community

Dari Picton ke Wanaka.

Setelah meyebrang selat Cook hingga tiba di Picton, saya langsung mengambil jalur ke arah Barat menuju Nelson. Suasana cerah dengan perbukitan dan lembah hijau. Waktu itu temperatur sekitar 12 derajat selsius.Setelah 2 jam riding, kami mampir makan siang saja di Nelson, lalu lanjut riding lagi hingga sore tiba kami putuskan camping di dekat Taman Nasional Kahurangi, di desa Tapawera ada camp site. Malam itu benar-benar dingin hingga embun menjadi es, memang sudah nampak pegunungan bersalju daerah sini. Dinginya hingga 1 derajat selsius malam itu.

Disambut cuaca cerah keesokanya kami lanjut lagi mengarah ke pesisir barat pulau selatan atau mengikuti jalan SH6. namun karena kami bangun kesiangan maka sebelum matahari terbenam kami sudah harus mencari tempat kemping lagi karena kalau tidak bakalan dingin diluar sana. Kamipun memutuskan untuk berhenti di desa kecil Ahaura 30 Km sebelum Greymouth karena hari sudah sore. Dan ternyata sepanjang malam hujan, dinginya minta ampun hingga pagi kami harus pindah ke dapur umum untuk berteduh sambil buat sarapan dan air hangat. lanjut riding lagi walau dalam keadaan hujan. Dan kami pun harus berhenti untuk berteduh kembali setelah 150 KM arah selatan dari Greymouth di desa Hari-hari ada Lodge untuk bermalam dan luar biasa. Kami menyewa sebuah rumah tinggal dengan harga terjangkau dan isinya bukan main, semua perabot, pakaian hingga pernak pernik berusia lebih dari 70 tahun dan tertata rapi. makanya Tea Pot Cottage ini temanya 'living in the past' memang unik dan asli.

Melanjutkan perjalanan ke Wanaka kami melewati Sanz Josef glacier dengan pemandangan Mt Cook yang indah, sepanjang perjalanan air sungainya pinggir jalan mengalir jernih datang dari hutan gelap dan tebal, puncak pegunungan tertutup salju dimana-mana, jalan mulai menanjak, berkelok dan hujan lalu nampak es di pinggir jalan berkilo-kilo meter. Tangan dan muka sudah tak tahan dingin namun harus konsentrasi karena bahaya black ice dan grit. Tiba-tiba saya riding memasuki area flat, terasa hangat dan langit biru terlihat, gunung-gunung tertutup salju setengahnya dan danau biru nampak di depan. Inilah danau Wanaka dan sebelahnya Danau Hawea, pemandangan yang mengagumkan. Inilah alasan kita datang ke New Zealand.