NEWS
DETAILS
Sabtu, 03 Feb 2018 13:55 - Honda Community

Day 107-114 I Km : 15.604 I Moshi, Tanzania
 
Moshi adalah sebuah kota dibagian utara Tanzania sekaligus pintu utama untuk mendaki gunung Kilimanjaro, berjarak sekitar 550 km dari Dar es Salaam. 

Perjalanan menuju Moshi memang menyenangkan. Kita bisa menikmati area pedesaan, pegunungan yang indah dan sejuk serta jalan mulus dan sepi dibanding Dar es Salaam yang panas, semrawut dan polusi.

Tiba di Moshi dan gunung Kilimanjaro menampakan dirinya seolah memberikan selamat datang kepada saya & CRF250Rally. Salju abadinya nampak jelas dan bersinar cerah. 

Gunung Kilimanjaro adalah gunung vulkano aktif tertinggi di Afrika (5895 mdpl) sebagai salah satu ikon Tanzania selain Taman National Serengeti.


 
Tinggal beberapa hari di Moshi, bertemu Ferry dan Gulcin (pasangan yang sementara keliling dunia naik Honda CRF250L) yang sudah pernah riding bareng Wheel Story waktu di Swaziland & Mozambique pada November 2017 lalu. 

Di Moshi juga kami berjumpa SamatarXavier biker local  koleksi Honda XR650, Honda XLR 250 & Honda XRV 750 sekaligus pemilik penginapan B&B dan motorcycle tour. 

Akhirnya kami semua tinggal di penginapan SamatarXavier. 

Kami pun diajak SamatarXavier riding keliling daerah pinggiran Moshi, trek offroad sejauh 180 Km mengajak kita melihat kawasan perkebunan, pedesaan kecil dan juga ‘lake of god’ yang indah banget berlatar Kilimanjaro.

Tapi sayangnya Kilimanjaro tak nampak karena awan tebal menyelimuti gunung tersebut. 

Namun kami cukup puas menikmati jalanan berdebu dan berpasir ini bersama tunggangan kami (Honda XR 650, CRF250Rally & CRF250L).
 
Seminggu sudah kami puas menikmati Moshi, mencoba makanan lokal hingga jumpa dengan suku Maasai dan juga kedatangan tamu istimewa Pak Nicolas.

Beliau biker asal Belanda namun lahir dan besar di Jogyakarta hingga umur 12 tahun pindah ke Belanda sebelum domisili di Tanzania. 

Ia masih ingat Bahasa Indonesia dan bisa ngomong Bahasa jawa juga. 

Diwaktu yang sama, dua sahabat saya Ferry & Gulcin bersiap untuk mendaki gunung Kilimanjaro sedangkan saya harus meneruskan perjalanan kearah barat menuju destinasi selanjutnya yaitu Rwanda. 

Pagi itu cuaca cerah dan sejuk, sayapun lanjut gas menuju Arusha, Babati, dan mengikuti jalan B3 yang akan menuntun saya menuju Rusumo, kota perbatasan Tanzania-Rwanda.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK