NEWS
DETAILS
Rabu, 25 Oct 2023 11:29 - Paguyuban Honda Motor Jayapura

Pengendara sepeda motor pasti sudah memahami pentingnya mengenakan helm karena menyangkut keamanan dan keselamatan.

Namun faktanya saat hendak membeli helm ada sejumlah hal yang harus menjadi pertimbangan agar selain dapat memberikan keamanan, helm juga memberikan kenyamanan bagi pengendara.
Saat memilih atau membeli helm terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua, Dulfi Ade Putra berbagi tips memilih helm yang aman dan nyaman kepada Paguyuban Honda Motor Jayapua.
1. Memenuhi SNI atau DOT : Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah helm kita harus sudah memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia (SNI) atau Department of Transportation (DOT). Kita bisa melihat apakah terdapat logo SNI / DOT, biasanya logo tersebut terdapat dibagian belakang helm. SNI dan DOT merupakan syarat wajib dalam memilih helm. Helm yang berlogo SNI/DOT akan lebih aman saat helm terkena benturan keras dan dapat melindungi kepala secara maksimal karena telah melewati uji kelayakan yang ketat.

2. Memilih ukuran yang nyaman : Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kita. Jangan memilih helm yang terlalu sesak karena berpotensi menghambat aliran darah di area kepala yang bisa menyebabkan rasa pusing dan mual. Namun demikian, jangan pula memilih helm yang terlalu terlalu longgar. Karena helm yang terlalu longgar tidak akan nyaman digunakan saat berkendara. Khusus untuk para perempuan yang berjilbab sebaiknya memilih ukuran helm yang lebih besar atau bisa memilih helm khusus untuk perempuan berjilbab.

3. Warna harus cerah : Direkomendasikan untuk memilih helm yang berwarna cerah. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas kita saat berkendara di malam hari dengan penerangan jalan yang minimum. Hal ini akan membantu kita agar lebih mudah terlihat oleh pengendara lain.

4. Visor atau kaca pelindung : Jenis visor di helm sangat mempengaruhi jarak pandang saat berkendara di siang ataupun malam hari. Pilihlah helm yang sudah memilih visor ganda, dengan begitu helm bisa lebih mudah disesuaikan saat digunakan di siang ataupun malam hari. Helm dengan kaca gelap, tidak disarankan digunakan saat berkendara di malam hari.
“Pemilihan helm yang tepat sangat penting untuk pengendara sepeda motor. Gunakanlah helm saat berkendara jarak dekat ataupun jarak jauh serta pastikan helm digunakan dengan aman. Kita tidak pernah tahu bahaya apa yang bisa menimpa kita saat berkendara. Ingat untuk selalu #Cari_Aman ketika berkendara,” ujar Dulfi.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK