NEWS
DETAILS
Rabu, 10 Feb 2021 11:05 - Street Fire Batam

Fitur dan teknologi sepeda motor terus berkembang untuk memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pengembangannya pun tak cuma menyasar pasa soal performa mesin saja, tapi juga pada sektor keselamatan berkendara.

Salah satu fitur di sektor keselamatan adalah Emergency Stop Signal (ESS), yaitu fitur keselamatan pasif untuk memberi tahu pengendara di belakang bahwa pengendara di depannya sedang melakukan pengereman mendadak atau panic braking.

ESS bekerja memberikan sinyal darurat berupa mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Hal ini bertujuan supaya pengendara di belakang punya waktu untuk melakukan pengereman atau menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Meski bekerja seperti lampu hazzard, tapi keduanya memiliki perbedaan pada jeda waktu kedipan. Hazzard memiliki jeda sedikit lama atau kadang disertai bunyi, sedangkan ESS akan berkedip secara cepat.

Saat ini terdapat beberapa model sepeda motor Honda yang sudah terdapat fitur ESS yaitu Honda Gold Wing, Africa Twin, X-ADV 750, CBR150R, dan ADV 150. Fitur ESS ini hanya berlaku pada motor yang sudah mengaplikasi Anti lock Braking System (ABS), karena berkaitan dengan modulator pada sistem pengereman.
Berikut ini cara kerja sistem Emergency Stop Signal (ESS) :

Kondisi ESS bekerja
1. Kecepatan 50 km/jam atau di atasnya
2. Deselerasi atau pengereman mendadak yaitu sekitar atau lebih dari 6 meter per detik.
3. ESS bekerja jika tuas rem ditekan

Kondisi ESS tidak bekerja
1. Kecepatan motor di bawah 50 km/jam
2. Deselerasi atau pengereman tidak mendadak, yaitu kurang dari 2,5 meter per detik.
3. ESS tidak akan bekerja jika tuas rem sudah selesai dilepas.

Perlu diketahui pula apabila sistem ABS tidak berfungsi pada saat pengereman kemungkinan sistem ESS juga tidak akan berfungsi.

Harus diingat juga bahwa fitur ini hanya sebagai alat bantu untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atau tabrakan. Kesadaran akan pentingnya #Cari_Aman dengan gaya berkendara baik dan benar, menghargai dan menghormati sesama pengguna jalan dan tidak ugal-ugalan adalah fakor penting dalam berkendara aman dan selamat.

Faktor pendukung keselamatan lainnya adalah kondisi sepeda motor yang prima dimana semua komponen bekerja secara optimal. Untuk itu, jangan lupa bawa sepeda motor Honda kesayangan Anda ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan rutin dari teknisi terbaik Honda.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK