NEWS
DETAILS
Kamis, 31 Oct 2019 10:54 - Honda Bikers Aceh

Sebagaimana kita ketahui motor memiliki desain keamanan yang memang dirancang tidak maksimal dan membuat membuat sistem perlindungan pengendara yang kurang baik karena apabila terjadi kecelakaan, pengendara motor dapat terlibat secara langsung dan mengakibatkan terjadinya cidera bahkan sampai hal yang tidak di inginkan. Hal tersebut akan sangat berbeda apabila dibandingkan dengan mobil atau kendaraan tertutup lainnya lebih aman karena desain yang berbeda. Maka dari itu helm adalah piranti keselamatan yang wajib dipakai bagi pengendara kendaraan roda dua atau motor di semua kondisi jalanan yang dilalui. Helm ini pada dasarnya diciptakan untuk melindungi organ tubuh manusia yang sangat penting yakni kepala yang didalamnya terdapat organ penting yaitu otak sebagai pemberi perintah pada semua organ tubuh yang pastinya mempunyai peranan yang sangat vital bagi tubuh manusia. Berikut adalah tips bagaimana merawat helm full face bro n sis.

Sebelum membahas cara merawat helm full face tentunya anda tahu jika saat ini banyak sekali berbagai macam helm beredar di Indonesia. Mulai dari helm yang dibuat asal-asalan tanpa ujicoba sampai dengan helm dengan sertifikat standar keamanan helm internasional yang mempunyai harga tinggi. Sertifikat standar keamanan helm tersebut pun bermacam-macam ada SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT( Standar Amerika) dan SNELL (Standar Eropa). Untuk brader dan sista yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua ini sangat disarankan untuk menggunakan helm dengan standar minimal SNI dan lebih baik lagi jika menggunakan standar internasional DOT ataupun SNELL yang sudah sangat teruji kualitasnya. Untuk mencari standar internasional sebenarnya tidak perlu mencari merk terkenal internasional dengan harga yang tidak masuk akal bahkan hampir setara dengan motor baru.

Saat ini pabrikan helm lokal pun telah membuat helm baik itu full face maupun half face dengan standar internasional yaitu DOT dan sebagian ada pula yang berstandar SNELL yang telah teruji kualitasnya. Pastinya dengan memiliki helm baik itu full face maupun half face membutuhkan perawatan yang baik agar helm tetap aman dan nyaman untuk digunakan. Lalu bagaimanakah cara merawat helm full face??

 

Cara Merawat Helm Full Face

Sebelum masuk ke cara merawat helm full face, berikut adalah informasi bahwa sebenarnya helm memiliki masa penggunaan rata-rata 3 tahun terhitung pada saat helm itu dibuat. Dan apabila sudah mengalami beberapa kali benturan atau terjatuh akan membuat struktur helm rusak dan sangat disarankan untuk menggantinya dengan helm yang baru. Karena jika diabaikan akan mengurangi sistem perlindungan kepala oleh helm itu sendiri. Nah lalu apa sajakah cara merawat helm full face ini? Yuk kita simak dengan seksama cara-caranya dibawah ini :

1. Cara merawat helm full face yang pertama adalah simpan helm dengan baik dan pastikan penyimpanan helm dalam kondisi yang aman dan bersih. Hal tersebut maksudnya apabila semisal ditaruh diparkiran maka kuncilah helm dengan baik dan tempatkan helm dengan jarak yang tidak berdekatatan dengan kendaraan atau benda lain. Karena apabila pada saat mengunci helm kendaraan saling berhimpitan akan memungkinkan kaca helm atau bagian helm lainnya tergores dan akan menurunkan fungsi helm tersebut.

2. Setelah helm dipakai sangat disarankan untuk ditaruh ditempat yang aman dan bersih. Lalu bukalah kaca helm agar sisa-sisa keringat yang terperangkap dan menempel pada bagian dalam helm dapat dinetralisir oleh sirkulasi udara yang ada sehingga akan meminimalisi bau yang disebabkan oleh keringat pengendara. Jika helm telah digunakan dalam perjalanan jauh lebih baik jemur helm dengan posisi helm yang terbalik agar mempercepat butiran keringat menguap. Oke sudah cukup paham? Yuk kita lanjut ke cara merawat helm full face selanjutnya.

3.Usahakan agar helm tidak terpapar sinar matahari ataupun terkena hujan secara langsung. Jika hal tersebut terjadi pastinya akan merusak cat serta membuat helm menjadi basah dan akan menjadikan bagian helm bau.

4. Bersihkan helm dengan rutin minimal 1 bulan sekali dengan melakukan pembersihkan pada semua bagian helm. Karena apabila helm tidak dicuci secara rutin maka akan membuat gatal kepala dan menimbulkan bau jika helm digunakan.

Nah itulah trik dan tips mengenai cara perawatan helm full face. Dengan cara merawat helm full face yang disampaikan diatas akan membuat kondisi helm bro n sis nyaman dan aman untuk digunakan tiap saat. Perawatan helm tersebut jika Bro n Sis melakukannya dengan konsisten maka dapat memperpanjang usia helm full face menjadi lebih lama. Selain itu khusus penggunaan helm full face haruslah benar dan tepat karena apabila menggunakan helm asal-asalan akan membahayakan anda maupun pengendara lain.

Berbagai Sumber Media Online

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK