NEWS
DETAILS
Kamis, 31 Aug 2023 09:36 - Honda Bikers Aceh

Saat ini kenderaan berbasis tenaga listrik atau dikenal dengan istilah EV ( Electric Vehicle ) mulai sering bisa kita temui wara wiri berseliweran di jalan raya, termasuk untuk jenis sepeda motor yang tentunya diharapkan dapat membantu mobilisasi para penggunanya jadi lebih mudah, efisien serta ramah lingkungan.

Perlu diketahui untuk kita semua selaku pengguna jalan aktif yang masih menggunakan jenis kenderaan bermotor tentunya pasti akan dihadapkan dengan situasi akan berbagi jalan dengan segala jenis kenderaan termasuk kenderaan sepeda motor jenis listrik ini, Dalam kesempatan ini Reza Novendri selaku Safety Riding Instructor Honda yang bersertifikasi dari PT. Astra Honda Motor akan membagikan Tips #Cari_aman memahami karakteristik kenderaan jenis ini.

Nah, apa yang perlu diperhatikan agar kita tetap awas dengan keberadaan sepeda motor listrik di jalan ? berikut penjelasannya :

  1. Saat berkendara tentunya kita harus selalu fokus, konsentrasi dan waspada.
  2. Kita dapat mengenali/menidentifikasi motor EV berdasarkan warna plat no motor ( terdapat ornamen berwarna biru )
  3. Jaga jarak dengan motor listrik karena karateristiknya yang unik, tidak bersuara, tenaga tidak sebesar motor bensin
  4. Motor EV memiliki bentuk yang berbeda dari motor bakar pada umumnya, sehingga cenderung menarik perhatian. Oleh karena itu jaga jarak dan waspada dengan pengguna jalan disekitar yang mungkin teralihkan fokusnya oleh motor EV
  5. Saat akan mendahului, pastikan ruang yang tersedia dan kecepatan yang cukup untuk di dahului oleh EV. Batas kecepatan maksimal EV dalam range 45 – 80 km/jam dan akselerasi kecepatan EV lebih lambat dibanding motor bakar sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menambah kecepatan.
    Demikian beberapa point penting yang perlu kita pahami, tentunya hal ini hanya proses adaptasi karena kehadiran jenis sepeda motor listrik yang masih tergolong baru di tanah air, kedepan tentunya tidak menutup kemungkinan seluruh jenis kenderaan yang beredar akan menggunakan basis kenderaan listrik. #Cari_ Aman untuk selamat di jalan.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK