NEWS
DETAILS
Rabu, 12 Oct 2016 18:18 - Paguyuban Honda Kudus

malam ini kita akan bahas Honda Bikers Day 2016, kalian semuanya pada tau to dimana lokasinya dimana....??? ya betul tahun ini untuk Honda Bikers Day 2016 diadakan banyuwangi tepatnya Pantai Boom Jawa Timur, lagi lagi jawa Timur meneh dan lagi lagi ambil lokasi Pantai cak. malam ini kita akan bahas Lokasi Honda Bikers Day 2016 pantai Boom Banyuwangi.

Pantai Boom adalah sebuah pantai yang terletak di Kelurahan Kampung MandarKecamatan BanyuwangiBanyuwangiJawa Timur. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan. Saat ini aktifitas pelabuhan masih ada namun tidak terlalu ramai. Pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk berkumpul bagi kawula muda di Banyuwangi. Selain itu, biasanya pada Minggu pagi pantai ini ramai dikunjungi oleh warga Banyuwangi.

Informasi Lokasi Kelurahan Kampung Mandar,Kecamatan BanyuwangiBanyuwangi,Jawa Timur, Negara Indonesia, Pengelola PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Wangi.

Akses Pantai Boom terletak di bagian timur kota Banyuwangi. Dari Simpang Lima, masuk ke Jalan dr. Sutomo hingga Taman Blambangan. Dari traffic light Taman Blambangan menuju arah utara hingga bundaran PLN, lalu belok kanan masuk Jalan Nusantara. Semua kendaraan bisa masuk ke Pantai Boom. Dan rambu-rambu menuju kesana dapat ditemui dengan mudah. 

Pantai Boom adalah salah satu pantai yang ada di kota Banyuwangi. Dahulunya pantai ini merupakan Pelabuhan penting. Kapal-kapal yang membawa berbagai angkutan (biasanya kopra) dan kapal-kapal nelayan. Hal ini dibuktikan dengan dermaga-dermaga pelabuhan, gudang-gudang bekas dan sebuah tempat pelelangan ikan yang sudah tidak dipakai. Di dermaga ini penduduk biasanya melakukan aktifitas memancing. Di sisi selatan pantai terdapat Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut yang menjadi tempat peristirahatan bagi pasukan ALRI yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di sekitar Banyuwangi. Selain itu di sepanjang garis pantai terdapat kedai-kedai yang menjual berbagai makanan ringan dan makan laut. Di tempat ini juga disediakan kuda-kuda untuk pengunjung menyusuri pantai. Sebuah kantor polisi air juga berdiri di kawasan ini.

Pada tahun 2004 pada masa pemerintahan Bupati Samsul Hadi, kawasan ini digunakan sebagai tempat pembuatan kapal Umbul-Umbul Blambangan (sebuah kapal ekspedisi yang sedianya akan dipakai untuk mempromosikan pariwisata Banyuwangi namun tenggelam). Pada tahun 1982 terjadi tragedi Inkai yaitu hilangnya para peserta latihan KarateBanyuwangi karena ditelan ombak, untuk memperingati tragedi tersebut dibangun Tugu Inkai di kawasan Pantai Boom. Dan pada akhir tahun 2012 diadakan event parade gandrung sewu, yakni seribu penari gandrung menari di atas pasir Pantai Boom.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK