Jumat, 18 Sep 2020 10:07
Koentoel Soerobojo

Kapan Kampas Rem motormu harus di ganti, ini tanda-tandanya

Bagi anda pemilik kendaraan bermotor, rem menjadi salah satu komponen yang sangat penting dan wajib menjadi bahan pertimbangan, pasalnya rem motor ini nantinya bakal menjadi salah satu faktor keamanan dalam berkendara.

Untuk anda pengendara sepeda motor, rem ini ini sangat vital dan harus sering-sering di cek untuk memastikan kondisinya. Jika kondisi rem motor bermasalah tentu segera diperbaiki agar nantinya kenyamanan dan keselamatan anda di perjalanan lebih terjamin.

Seorang pengendara harus selalu memperhatikan kampas rem motornya, tapi hal itu bisa menjadi kesulitan tersendiri jika kamu tidak tahu kapan kampas rem harus diganti. Berikut adalah beberapa tanda-tanda jika sudah tiba waktunya mengganti kampas rem motor.

Ada beberapa indikator yang bisa digunakan oleh para pemilik motor guna mengetahui atau mengecek sudah aus atau belum kampas rem dari motor yang anda miliki. Pertandanya sangat mudah, silahkan anda perhatikan dengan teliti pada bagian piringan rem motor tersebut.

Nah jika posisi kampas rem yang menjepit piringan ini masih lebar, maka tandanya kampas rem dari motor anda ini masih bagus kondisinya. Akan tetapi jika posisi Kampas rem ini sudah menghimpit piringan, maka itu tandanya jika kondisi Kampas Rem Motor anda sudah aus dan sudah waktunya diganti.

Selain memantau pada bagian piringan rem ini, anda bisa mendeteksi atau mencari tahu apakah Kampas Rem Motor ini sudah waktunya ganti apa belum melalui suara. Dimana jika pada saat anda sedang melakukan pengereman dan menimbulkan suara yang cukup mengganggu, maka ini bisa jadi pertanda kampas waktunya ganti.

Timbulnya suara ini dihasilkan dari cakram yang beradu dengan kampas yang tinggal menyisakan pelatnya. Gesekan antar pelat ini bisa menghasilkan suara yang cukup mengganggu dan tidak nyaman untuk didengarkan.

Jika kondisi Kampas Rem Motor ini sudah aus, maka solusi satu-satunya adalah mengganti kampas tersebut dengan yang baru.

Jelas sangat beresiko jika anda tetap memaksakan berkendara dengan kondisi kampas rem aus untuk berkendara, karena nantinya hal ini bisa membuat pelat kampas rem itu pecah dan membahayakan anda dan orang lain nanti.

Jadi untuk waktu yang tepat untuk penggantian Kampas Rem Motor ini tidak bisa dijadwalkan ya, tinggal anda melakukan insting kira-kira sudah lama tidak ganti kampas rem, silahkan mengecek  kondisinya, jika masih bisa digunakan maka tidak perlu diganti nanti. Atau jika sudah timbul suara berisik dari rem motor, maka ini juga bisa dijadikan indikator nanti.

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 23 Oct 2020 09:47
Koentoel Soerobojo

NGOVI, Tanya Jawab Perawatan Harian Motor Honda Anda

The Last of us
Selasa, 20 Oct 2020 15:18
Koentoel Soerobojo

DEMODay, Ngaspal CBR250RR SP di Sirkuit Bung Tomo Surabaya

The Last of us
Selasa, 20 Oct 2020 11:10
Koentoel Soerobojo

Jooss, Alex Marquez Raih Podium lagi

The Last of us
Kamis, 15 Oct 2020 11:07
Koentoel Soerobojo

Fungsi Twin Subtank Rear Suspension Honda ADV 150

The Last of us
Kamis, 08 Oct 2020 16:45
Koentoel Soerobojo

MPM Honda Jatim lelang motor modif Persebaya