NEWS
DETAILS
Kamis, 28 Jan 2021 12:15 - Koentoel Soerobojo

Setiap komponen pada motor memang merupakan komponen yang penting. Mereka memiliki fungsi masing-masing dan menunjang satu sama lain.

Salah satu komponen yang penting itu adalah  kopling motor. Kopling motor hanya akan bisa berjalan dengan adanya kampas kopling dan kampas kopling berfungsi dengan baik.

Fungsi kampas kopling disini adalah sebagai pemutus dan menyalurkan tenaga hasil putaran mesin ke bagian transmisi.

Kondisi kampas kopling yang baik membuat perpindahan transmisi menjadi lembut dan nyaman.

Biasanya, kampas kopling normal akan aus kisaran jarak tempuh 20.000 km. Kalau sudah mencapai angka tersebut, kamu harus segera menggantinya agar tidak merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.

Nah berikut adalah gejala kampas kopling yang sudah tipis atau aus.

1. Akselerasi mesin makin melemah Kalau kampas kopling motor kamu habis, motor kamu akan mengalami penurunan performa. Performa yang turun dari motor kamu utamanya adalah akselerasi motor kamu. Biasanya yang terpengaruh adalah top speednya. Contoh, motor kamu memiliki kecepatan maksimal 120 km/jam. Nah, kalau kampas kopling motor kamu masih tebal, biasanya waktu untuk mencapai itu hanya sekitar 10 detik, namun kalau kampas kopling kamu sudah aus, mungkin bisa sekitar 15 detik.

2. Motor mengalami selip kopling Kampas kopling yang mulai aus bisa menyebabkan perpindahan transmisi sering mengalami selip. Kasus selip ini kerap terjadi ketika motor akan berakselerasi. Dan kadang juga terjadi saat deselerasi. Lebih dari itu, kampas kopling yang aus juga bikin sulit untuk memindahkan transmisi ke posisi netral ketika motor berhenti.

3. Kick starter terasa ringan atau los Gejala ini biasanya akan terasa ketika kamu menghidupkan motor menggunakan kick starter. Kalau orang Indonesia seringnya menyebut engkol atau genjot. Kalau ketika kamu menggunakan kick starter dan terasa ringan atau los, maka bisa dipastikan kalau kampas kopling motor kamu mulai habis.

4. Tenaga mesin mulai berkurang Ketika kampas kopling sudah tipis atau aus maka mesin semakin lama semakin tidak bertenaga

5. Putaran Mesin Tinggi Kondisi ini menunjukan ketika kampas kopling mulai tipis, untuk mencapai kecepatan tertentu dibutuhkan putaran mesin yang tinggi. Contohnya, ketika kondisi kampas kopling bagus, kecepatan 40 km/jam didapat di 5.000 rpm. Namun, ketika kampas kopling aus, kecepatan 40 km/jam berada di 7.000 rpm.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK