NEWS
DETAILS
Sabtu, 09 May 2020 13:11 - Honda DAW Community

Buat Brosis yang baru pertama kali mendengar istilah ini, olahraga elektronik alias eSports adalah permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya eSports identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile.

eSport muncul di Indonesia berkat mudahnya akses teknologi yang ada saat ini. Mulai dari ketersedian internet yang semakin cepat hingga meningkatnya perkembangan game dan gadget di Indonesia.

Adapun eSport merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSport Association) struktur dan tingkatan pertandingannya sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedanya para atlet eSport tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan Strategi dan dipertandingkan secara online melalui gadget sehingga masing-masing tim dapat bertanding tanpa bertatap muka.

Perkembangan eSport juga didukung dengan banyaknya para gamers (sebutan pecinta games), yang membentuk suatu komunitas dalam hal mendukung game yang dia mainkan.

Wadah yang mengadakan turnamen pada saat ini cukup banyak untuk mendukung eSports itu sendiri, baik itu dari komunitas, warnet maupun perusahaan eSport. Maraknya turnamen pada saat ini dikarenkan antusias yang besar dari para gamers dalam memainkan hal tersebut.

Genre permainan yang paling umum dengan eSports ini adalah real-time strategy (RTS), fighting, first person shooting (FPS), massively multiplayer Online (MMOG), dan racing.

Hal terbaik yang terjadi di dalam perkembangan eSport di Indonesia terjadi pada Asian Games 2018, yang dimana eSport pertama kalinya diperlombakan dalam acara Asian Games. hal ini merupakan bukti bahwa perkembangan eSport di indonesia mulai berkembang dan juga di dukung oleh pemerintah.

*sumber: esports.id, indoesports.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK