Selasa, 02 Mar 2021 20:47
Honda DAW Community

Touring Ke Manado Wajib Coba Bubur Manado

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari ManadoSulawesi Utara.Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas MinahasaSulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya. Walaupun demikian, tinutuan umumnya tetap dapat ditemukan di berbagai rumah makan di luar waktu sarapan.

 

Kata tinutuan tidak diketahui asalnya. Sejak kapan tinutuan menjadi makanan khas Kota Manado tidak diketahui dengan jelas.Ada yang mengatakan tinutuan mulai ramai diperdagangkan di beberapa tempat di sudut Kota Manado sejak tahun 1970. Ada juga yang mengatakan sejak tahun 1981.

Tinutuan dipakai menjadi moto Kota Manado sejak kepemimpinan Wali Kota Jimmy Rimba Rogi dan Wakil Wali Kota Abdi Wijaya Buchari periode 2005-2010, menggantikan moto Kota Manado sebelumnya yaitu Berhikmat.

Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pariwisata setempat pada tahun 2004(ada juga yang mengatakan pada pertengahan tahun 2005) menjadikan Kawasan Wakeke, Kecamatan WenangKota Manado, sebagai lokasi wisata makanan khas tinutuan.

Tinutuan, di Manado, disajikan dengan perkedel nikesambal roa (rica roa, dabu-dabu roa), ikan cakalang fufu atau tuna asap, dan perkedel jagung. Tinutuan juga bisa disajikan dicampur dengan mi atau dengan sup kacang merah yang disebut brenebon.

Tinutuan yang disajikan bersama mi disebut midal, dimana akhiran dal tersebut berasal dari kata pedaal yakni nama lain untuk tinutuan khusus di wilayah Minahasa Selatan yang merupakan wilayah subetnis Tountemboan di Minahasa.

Tinutuan juga dapat dicampur dengan sup kacang merah yang disebut brenebon.Tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini kadang juga ditambahkan tetelan sapi, yang konon dipercaya orang yang memakannya dapat menarik "roda" (gerobak).

e dodo eeee percuma touring ke manado kalo nyada makan tinutuan atau bubur manado `

Berita Terkait

The Last of us
Senin, 12 Apr 2021 20:58
Honda DAW Community

CBR CLUB SULUT GELAR PELANTIKAN ANGKATAN KE VIII

The Last of us
Sabtu, 06 Mar 2021 21:56
Honda DAW Community

modifikasi all new scoopy ala cafe racer

The Last of us
Jumat, 05 Mar 2021 21:47
Honda DAW Community

Ada Apa Dengan Marquez Gaji Ratusan Miliar Di Tolak

The Last of us
Selasa, 02 Mar 2021 20:47
Honda DAW Community

Touring Ke Manado Wajib Coba Bubur Manado

The Last of us
Selasa, 02 Mar 2021 20:40
Honda DAW Community

Spek Honda CBR250RR Custom Bike Low Rider

The Last of us
Kamis, 25 Feb 2021 20:22
Honda DAW Community

Belum Launching, Indent All New Honda PCX di Sulut Tembus 43 Unit