NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Jan 2022 15:30 - Honda DAW Community
  • Selain untuk memudahkan laju dan manuver, ban motor juga berfungsi untuk meredam guncangan dan menopang beban berat saat sepeda motor dikendarai, baik sendiri maupun berboncengan. Selain itu, penggunaan ban yang tepat juga dapat membantu meningkatkan faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Di sisi lain, ban motor juga membantu menyempurnakan tampilan sehingga karakter setiap tipe dan model sepeda motor terlihat semakin kuat. Seperti motor sport, cub atau bebek, matic dan trail dimana setiap tipe dan model tersebut punya karakteristik dan kemampuan berbeda.

Karena itu, setiap tipe sepeda motor menggunakan ukuran dan model ban yang berbeda sesuai karakter dan kemampuannya. Misalnya, motor matic akan menggunakan model dan ukuran berbeda dengan motor trail karena kedua motor ini punya kemampuan jelajah berbeda.

Berikut beberapa jenis dan ukuran ban

Ban Motor Matic

Secara umum, ukuran ban motor matic kebanyakan berukuran diameter 14 inci sesuai ukuran diameter pelek atau rim. Yang membedakannya adalah ukuran profilnya. Meski ada juga motor matic yang menggunakan ban berukuran diameter 13 inci.

Misal ukuran ban depan Honda BeAT adalah 80/90-14. Angka pertama 80 adalah lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Selanjutnya angka 90 adalah aspek rasio.

Artinya tinggi ban adalah 90% dari 80 mm = 72 mm. Cara mengukurnya dimulai dari permukaan ban yang menyentuh tanah sampai bagian yang terkena pelek. Sementara angka 14 berarti diameter dalam ban, atau diameter pelek.   

Ban Motor Sport

Motor sport yang paling familiar di Indonesia berada di kelas 150 cc sampai 250 cc dengan menggunakan ban ring 17. Di kelas ini, pemilik sepeda motor biasanya melakukan penggantian ban standar dengan ukuran yang lebih besar.

Yang perlu diperhatikan saat akan melakukan upgrade ban motor tidak boleh asal besar. Karena hal tersebut akan memengaruhi sektor kenyamanan dan keamana berkendara. Yang disarankan adalah menaikkan ukuran 1 atau 2 tingkat dari ukuran standar.

Sebagai contoh ban Honda CBR250RR menggunakan ukuran 110/70-17 di bagian depan dan 140/70-17 di bagian belakang. Rekomendasi upgrade ukurannya menjadi 120/70-17 untuk depan dan 150/70-17.

Ban Motor Trail

Ban motor trail memiliki desain khusus yang memiliki kemampuan melintasi jalur ekstrim. Mulai dari jalan tanah, gravel, berlumpur, hingga melewati kubangan dan bahkan sungai.

Ban motor trail memiliki ukuran diameter berbeda antara ban depan dan belakang. Seperti pada Honda CRF 150L yang menggunakan ban ukuran 21 pada depan dan ukuran 18 pada belakang. Ukuran lingkar ban depan yang lebih besar bertujuan untuk daya redam guncangan yang lebih baik, sedangkan ban belakang didesain lebih kecil berfungsi membantu kelincahan motor saat berbelok.

Apa pun tipe motor Honda-nya, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan periksaan berkala di bengkel AHASS terdekat supaya setiap komponen sepeda motor tetap dalam kondiri optimal.

Saat ingin melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS, kamu bisa memanfaatkan layanan Booking Service AHASS. Dengan layanan ini, pengguna motor Honda bisa mencari bengkel AHASS terdekat dan bisa menikmati layanan service motor tanpa antre.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK