NEWS
DETAILS
Senin, 04 Jan 2021 10:03 - Honda Community

Motor gede (moge) pada umumnya hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu saja. Jarang ada yang menggunakannya sebagai kendaraan harian.

Honda Big Bike yang jarang dipakai, tentu dapat berdampak rusak pada beberapa komponennya. Untuk itu, perlu perawatan ringan meskipun motor tidak dikendarai.

Muhammad Mappalinrungi, mekanik Big Wing Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, moge yang jarang dipakai atau diservis, bagian yang terpenting untuk diperhatikan adalah olinya.

"Oli itu wajib diganti tiap 2.000 kilometer, dapat toleransi 500 kilometer. Jadi, sebaiknya jangan lebih dari 2.500 kilometer," ujar pria yang akrab disapa Rungi tersebut.

Rungi menambahkan, kalau jarang digunakan, sebaiknya setelah empat bulan atau enam bulan, oli mesin diganti dengan yang baru.

"Hal yang paling penting kalau motor jarang digunakan, kalau tidak bisa setiap hari dihidupkan, setidaknya dua hari atau tiga hari sekali motor dihidupkan," kata Rungi.

Menurutnya, cukup lima menit saja moge dihidupkan. Sebab, yang penting ada sirkulasi oli dan ada pengisian daya untuk aki.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK