Selasa, 08 Sep 2020 13:22
Honda Community

Paguyuban IMHJB Pemersatu Bikers Honda di Jawa Barat

Hingga saat ini sepeda motor Honda menjadi salah kendaraan bermotor yang paling diminati oleh masyarakat luas khususnya di Jawa Barat. Motor Honda menjadi teman bagi konsumen setia Honda untuk menemaninya dalam beraktivitas sehari-hari karena dikenal sebagai sepeda motor yang irit bahan bakar.

Seiring semakin banyaknya pengguna sepeda sepeda motor Honda maka lahir salah satu paguyuban yang menjadi wadah pemersatu klub-klub Honda di Jawa Barat yaitu Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB) dibawah binaan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat.

IMHJB didirikan pada tanggal 19 Desember 2009 bertepatan dengan pelaksanaan gelaran Honda Bikers Day pertama dengan tajuk Jawa barat Ngahiji yang berarti Jawa Barat bersatu. Sebanyak 18 Paguyuban Kota dan Kabupaten ikut andil dalam pembentukan IMHJB di Pantai Katapang Doyong Pangandaran Bersama 5 Paguyuban Kota lainnya yang saat itu masih berbentuk komunitas dengan difasilitasi oleh PT Daya Adicipta Motora dan AHM yaitu :

• Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB)
• Ikatan Motor Honda Cirebon (IMHC)
• Ikatan Motor Honda Karawang (IMHK)
• Paguyuban Motor Honda Bekasi (PMHB)
• Komunitas Honda Tasikmalaya (Khotak)
• Asosiasi Honda Ciamis (AHC)
• Paguyuban Honda Owners Subang (PHOS)
• Ikatan Motor Honda Indramayu (IMHI)
• Paguyuban Honda Kuningan (PHK)
• Asosiasi Motor Honda Cianjur (AMHC)
• Ikatan Motor Honda Majalengka (IMHM)
• Ikatan Honda Banjar Patroman (IHBP)
• Sumedang Honda Community (SHOC)
• Komunitas Honda Bogor
• Komunitas Honda Sukabumi
• Komunitas Honda Garut
• Komunitas Honda Purwakarta
• Komunitas Honda Depok

Sebulan setelah deklarasi Ikatan Motor Honda Jawa Barat di Pangandaran, kemudian digelar Musyawarah Besar (Mubes) IMHJB pertama untuk menindaklanjuti kepengurusan IMHJB untuk periode 2010-2012. Sejak dideklarasikan pada tahun 2009, IMHJB sudah pernah dipimpin oleh 3 orang yang berbeda sebagai Ketua Umum yaitu :

• Periode 2010 - 2012 : Bro Hendryadi de Keizer asal Klub Honda Vario Riders
Club (HVRC) Bandung.
• Periode 2012 - 2015 : Bro Setiawan Soleh yang sering dipanggil “Abah
Gondrong" asal Klub Tiger Association Bandung (TAB).
• Periode 2015 - sekarang : Bro Ellya Sherly panggilan akrab Abah "Ekoey"
asal Klub Honda Vario Riders Club (HVRC) Bandung.

 

IMHJB yang didirikan dengan tujuan untuk menyatukan seluruh Ikatan dan Paguyuban di Jawa Barat saat ini memiliki 21 Paguyuban Kota/Kabupaten dengan total 327 klub dari berbagai tipe sepeda motor Honda. Pada tahun ini, total anggota yang terdaftar di IMHJB mencapai 17.789 anggota dan mereka turut andil bagian dalam melakukan banyak kegiatan untuk lebih mempererat persaudaraan para biker Honda di Jawa Barat, diantaranya kegiatan Kopdargab, CSR, Touring, Camp & Ride dan berbagai kegiatan kampanye Safety Riding untuk tetap selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan raya.

Kehadiran Paguyuban IMHJB bukan hanya sebagai wadah tempat berkumpul para bikers Honda Jawa Barat, namun diharapkan dengan adanya IMHJB para bikers di Jawa Barat dapat turut serta untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Kontribusi yang diberikan tenunya dengan berbagai acara yang sudah dilakukan seperti kegiatan bakti sosial baik dengan menyantuni anak yatim, pembersihan area pantai maupun kegiatan penggalangan dana dan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis, masker, hand sanitizer, dan paket sembako untuk masyarakat umum.

Tantangan paling besar yang dihadapi oleh IMHJB adalah dalam menyatukan paguyuban-paguyuban di Jawa Barat yang memiliki kultur berbeda-beda. Karakter biker Honda di wilayah utara tentu berbeda dengan bikers di wilayah selatan Jawa Barat begitu juga bikers di wilayah barat pasti berbeda dengan wilayah timur Jawa Barat ditambah dengan wilayah yang luas menuntut pengurus
IMHJB untuk lebih fleksibel dalam menjalankan program kerjanya dan menjadikan perbedaan yang ada menjadi kekayaan yang dimiliki oleh IMHJB.

Kebersamaan dan kekompakan para bikers Jawa Barat ditantang ketika menggelar acara Honda Bikers Day kedua yang merupakan Honda Bikers Day Nasional Pertama. Saat itu sebelum pagelaran Honda Bikers Day Nasional mengharuskan seluruh tim dari IMHJB untuk melakukan touring ke seluruh wilayah pulau Jawa dalam rangka mengundang bikers-bikers Honda untuk hadir di acara Honda Bikers Day yang saat ini acara tersebut menjadi magnet setiap tahunnya sebagai ajang kumpul para Bikers Honda di Indonesia.

Selepas gelaran Honda Bikers Day ke-2 yang digelar di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang pada tahun 2010. Kekompakan dan kebersamaan seluruh anggota IMHJB kembali ditunjukkan dalam mengsukseskan gelaran Honda Bikers Day yang ke-10 di Pantai Pangandaran yang menjadi acara napak tilas Honda Bikers Day. Pada 1 Dekade Honda Bikers Day ini para bikers pilihan dari seluruh Jawa Barat melakukan touring ke seluruh wilayah di tanah Air untuk menyampaikan undangan secara langsung sebagai bentuk persaudaraan dengan seluruh bikers di seluruh Indonesia dan hasilnya tidak bisa dipungkiri dimana gelaran 1 Dekade Honda Bikers Day sukses menarik ribuan bikers yang saat itu Kembali memecahkan rekor dengan dihadiri oleh 26.342 bikers dari seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut mengalami kenaikan yang sangat drastis dibandingkan dengan gelaran pertama yang hanya menghadirkan 5.000-an bikers di tahun 2009.

Dengan semakin banyaknya para bikers yang ikut berpartisipasi dalam setiap gelaran acara Bikers Honda di tanah air, para bikers kini semakin antusias untuk mengikuti acara-acara Honda terlebih dengan hadirnya Honda Community ID (HCID) yang merupakan program keanggotaan komunitas motor Honda yang dibentuk oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan tujuan untuk memberikan
apresiasi dan keuntungan kepada seluruh anggota komunitas motor Honda di seluruh Indonesia.

Setiap anggota komunitas di seluruh Indonesia yang memiliki HCID secara otomatis akan terdaftar dalam database anggota komunitas yang dibuat oleh AHM sehingga setiap kegiatan bisa melakukan proses “presensi” dengan cara mentapping HCID di lokasi acara.

Semakin berkembang pesatnya teknologi saat ini, HCID yang pada awalnya berupa kartu beralih menjadi aplikasi yang bisa diakses oleh seluruh anggota Komunitas Honda dengan cara mendownloadnya di app store atau di play store. Di aplikasi HCID tersebut, kini setiap anggota bisa mendapatkan berbagai macam informasi terkini mengenai seluruh kegiatan komunitas Honda di seluruh tanah air juga mengetahui berapa banyak poin yang dimiliki sehingga bisa mengetahui kapan dan dengan apa poin yang dimiliki nantinya ditukar dengan berbagai reward yang sudah disiapkan.

Poin yang dimiliki oleh setiap bikers menjadi kebanggan tersendiri bagi para bikers Honda, besarnya jumlah poin menunjukkan bikers tersebut aktif dalam setiap kegiatan acara Honda. Tentu saja momen tapping HCID selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh biker Honda ketika hadir dalam suatu acara.

Kemudahan informasi semakin dirasakan manfaatnya kini oleh para bikers Honda di seluruh Indonesia terutama para bikers Jawa Barat ketika HCID dalam genggaman. Setiap bikers Jawa Barat dapat mengetahui banyak informasi terkini tentang kegiatan komunitas Honda, Tips dan Trik serta berbagai hal yang berkaitan dengan komunitas Honda yang didapat dari media sosial Honda Community dan selalu di update di web-web Honda Community yang tentunya menjadi rasa kebanggaan tersendiri telah menjadi bagian dari bikers Honda.

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 22 Sep 2020 13:27
Honda Community

Profile Asosiasi Honda Motor Palembang (AHMP)

The Last of us
Selasa, 15 Sep 2020 15:43
Honda Community

Honda Community Jatim Mbois, Seduluran Sak Lawase

The Last of us
Senin, 14 Sep 2020 13:05
Honda Community

Paguyuban Ikatan Motor Honda Palu (IMHP)

The Last of us
Selasa, 08 Sep 2020 13:22
Honda Community

Paguyuban IMHJB Pemersatu Bikers Honda di Jawa Barat

The Last of us
Minggu, 06 Sep 2020 13:13
Honda Community

Paguyuban HOBIKU Rumah Bagi Komunitas Di Pekanbaru

The Last of us
Senin, 27 Jul 2020 13:21
Honda Community

Profile Honda Asosiasi Lombok (HALO)