NEWS
DETAILS
Kamis, 20 Jul 2023 12:22 - Komunitas Astra Motor Balikpapan

Turing adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas. Sudah seperti agenda wajib, turing merupakan agenda kegiatan yang paling asyik.

Dalam turing, selain diperhatikan soal fisik, kondisi motor sebelum atau sesudah turing juga harus mendapatkan perhatian khusus. Memeriksa fungsi komponen motor, mengganti part dan atau hanya mengganti oli mesin misalnya.

Untuk merawat motor agar tetap prima, selain percayakan pemeriksaan motor ke bengkel, ganti oli sendiri juga bisa dilakukan sebelum maupun sesudahnya turing.

Dalam kondisi tersebut, bagian motor yang perlu dicek adalah kekencangan rantai dan kondisi pelumas rantai. Selain itu, cek juga saringan udara karena bagian itu dipastikan terpapar debu dalam perjalanan.

Setelah itu pemilik motor juga disarankan memperhatikan pelumas mesin. Jika kondisi oli sudah tidak bagus atau cair, sebaiknya ganti dengan pelumas mesin yang baru. Cari spesifikasi pelumas yang sesuai dengan kondisi mesin.

Untuk rantai, bersihkan bagian permukaan dari kotoran yang menempel. Setelahnya cek ketegangan rantai, jika terasa kendur, kencangkan kembali dengan jarak main antara 2-3 sentimeter.

selain itu, mengecek kondisi kampas rem depan dan belakang. Cek kondisi bahan bakar jika selama perjalanan kita sempat menuangkan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kondisi mesin.

Sebagai tambahan, untuk pengguna matik sebaiknya melakukan pengecekan pada CVT. Bagian penggerak itu kemungkinan bisa 'lemah' setelah ditempa berhari-hari menempuh perjalanan. Sementara bagi pemilik motor sport, disarankan untuk memeriksa area komstir atau kemudi yang kadang bermasalah setelah motor dipakai untuk menempuh perjalanan jauh. Motor yang punya masalah komstir dipastikan handling sepeda motor terganggu dan mengurangi kenyamanan berkendara.
 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK