NEWS
DETAILS
Jumat, 02 Oct 2020 12:21 - Ikatan Motor Honda Makassar

Bulan September yang bertepatan dengan momentum yang  diperingati tiap tahun bangsa Indonesia yakni G30S PKI. Peringatan tersebut merupakan peristiwa kelam bangsa ini, dimana terjadi pembunuhan dewan Jenderal yang kemudian di masukkan dalam 1 lubang yaitu Lubang Buaya.

Refleksi tersebut diterjemahkan oleh Komunitas Honda ADV Indonesia (HAI) Polewali Mandar Chapter dengan melakukan Kegiatan T20S HAI Polman (Touring 20 September Honda ADV Indonesia) yang bertajuk eksplore alam bumi Sulawesi Barat.

Touring yang dilakukan oleh Komunitas Honda ADV Indonesia yang datang dari berbagai daerah diluar Polman dan Sulawesi Barat. Diantaranya HAI Makassar Chapter, HAI Masamba Chapter, HAI Kendari Chapter dan HAI Gorontalo Chapter, yang  start pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020 di Kantor Honda Tunas Jaya Motor.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yang mulai start touring di Honda Tunas Jaya Motor Polewali Mandar sebagai sponsor Utama, dengan Perusahaan Pembiayaan FIF Polman dan IMFI Polman.

Rute touring melalui Jalur alam nan eksotis yaitu Polman, Mamasa (Mambi) dan finish di Mamuju. Perjalanan ditempuh kurang lebih 8-9 Jam, hal itu dikarenakan peserta touring banyak singgah dan berhenti untuk menikmati suasana alam yang masih begitu asli dan asri disepanjang jalur touring.

Antusias begitu besar dari peserta luar Sul-Bar karena bisa melihat alam nan indah yang dimiliki oleh Sul-Bar, ini juga merupakan upaya dari komunitas motor Honda ADV Indonesia Khusus nya Polman Chapter dan Sul-Bar untuk memperkenalkan suasana alam dan objek-objek wisata yang dimiliki oleh Sulawesi Barat.

“Barangkali tidak pernah tereksplore keluar kepada para peserta touring dari luar Sulbar, sehingga diharapkan mereka dapat memberikan kesaksian dan membawa pesan positif agar dapat membantu mempromosikan potensi alam yang dimiliki kepada masyarakat dan kawan-kawan di daerah asal peserta touring,” kata Ketua HAI Polman Chapter Om Achiel Duhri.

Rasa takjub juga dikemukakan oleh Ketua HAI Chapter Makassar Om Kemal Arsyad yang memulai start dari Makassar Jumat malam dengan anggota team lainnya yang berjumlah 8 Orang/Motor ADV.

“Kegiatan ini adalah cara Komunitas HAI untuk bersilaturrahmi sambil memberi kan dampak positif kepada perkembangan daerah yg dikunjungi, sehingga bisa lebih dikenal diluar daerah.” ungkapnya.

Senada dengan Ketua HAI Kendari Chapter Om Muhammad Rais yang lebih sehari lebih dahulu memulai perjalanan dari Kendari menuju Sulawesi Barat, dengan 7 anggota Kendari Chapter lainnya dan menempuh perjalanan touring motor yang begitu jauh hanya untuk bersilaturrahmi dan eksplore pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Barat.

Sementara dari Gorontalo yang di wakili oleh Om Arifin yang akrab disapa Om Morfin juga mengaku kagum dengan kondisi alam yang dimiliki Sulbar, namun masih kurang di eksplore sehingga masih minim orang yang tahu tentang keberadaan indahnya alam Sulawesi Barat, begitu pun diungkapkan oleh wakil HAI Masamba Chapter Om Ferdhy ato Tio.

Touring ini kemudian dirangkaikan dengan deklarasi Pembentukan HAI Mamuju Chapter yang resmi dibentuk dan dideklariasikan pada tanggal 26 September 2020. Yang mana deklarasi tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju. Yang sekaligus menyambut peserta touring dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju, Usdi Mustafa tidak kalah antusias dan begitu tinggi apresiasinya kepada Komunitas Honda ADV Indonesia, karena mengagendakan untuk touring bersama mengesksplore alam yang ada di Sulbar, sekaligus mengajak dan memperkenalkan objek objek wisata unggulan yang terdapat di Kabupaten Mamuju, salah satunya yang ditempati oleh peserta menginap adalah Pantai Panorama.

“Image tentang komunitas motor dan berbagi pandangan miringnya berangsur-angsur mulai ditepis dengan kegiatan kegiatan positif yang bermanfaat, khususnya untuk daerah dan masyarakat dimana komunitas itu berdiri,” kata Om Tri sapaan akrab Om Trimedya Ato yang merupakan Wakil Pengurus Nasional Honda ADV Indonesia.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK