NEWS
DETAILS
Selasa, 15 Jun 2021 11:58 - Ikatan Motor Honda Makassar

Brosis pernah dengarn kalimat ini “kenapa budget touring tiba-tiba kurang ya”

Kalimat seperti itu mungkin sering Brosis dengar kalau ketika sedang touring atau sekedar jalan-jalan ringan bareng teman. Kalimat diatas juga menunjukkan seperti kurang persiapan ketika menyusun agenda touring, tentu saja kita tidak ingin yang seperti itu Brosis, karena bisa repot pas dijalan selama touring.

Karena itulah Brosis  butuh perencanaan itinerary sebelum touring, tapi apa itu itinerary ? Singkatnya itinerary adalah jadwal kegiatan yang dibuat selama Brosis touring, didalamnya sudah terdapat estimasi budget yang akan digunakan, daftar destinasi, jadwal kegiatan sehari-hari, tempat menginap, hingga titik titik pengisian bahan bakar atau beristerahat kalau ada yang mau mampir buang air kecil jadi tidak “hilang-hilangan” lagi.

Nah, sebelum belajar menyusun itinerary ayo kita cari tau apa sih manfaatnya untuk touring, apakah Cuma untuk menghindari over budget ? untuk itu mari Brosis simak lebih lanjut.

1.      Brosis bisa memperkirakan akan touring berapa lama

Ketika menyusun itinerary Brosis akan mencatat jarak, titik rest area, destinasi apa saja yang akan dikunjungi, tentu Brosis bisa memperkirakan durasi touring. Mengetahui durasi touring akan sangat bermandaat, terlebih untuk yang mempunyai budget pas-pasan tapi berhasrat buat touring lama-lama seperti mimin ?

2.      Lebih Mudah Menyusun Budget

Kalau Brosis kembali melihat poin pertama, ini sangat erat hubungannya dengan poin kedua yaitu estimasi budget, karena semakin lama waktu kita touring semakin banyak pula budget kita yang akan tepakai. Menyusun itinerary touring bukan Cuma membantu Brosis menghitung budget untuk pos-pos besar seperti penginapan dan bahan bakar, tetapi juga untuk yang lebih kecil seperti biaya masuk destinasi wisata, makan dan biaya-biaya tak terduga lian yang setidaknya bisa Brosis pres pemakaiannya ljadi lebih sedikit.

3.      Brosis tidak akan kebingungan setiba ditujuan

Masih sering ada yang bingung tidak sih mau ngapain pas tiba dilokasi tujuan, ujung-ujungnya Cuma merenggangkan badan tau-tau sudah ada yang minta balik aja.

Itinerary bisa menjadi guide Brosis ketika tiba dilokasi tujuan karena sebelum berangkat sudah merencanakan kegiatan apa saja yang akan Brosis lakukan setibanya nanti.

Untuk yang mencari tempat penginapan Brosis tidak akang ngah-ngeh-ngoh kebingungan mau cari dimana.

4.      Brosis tidak akan panikan selama perjalanan

Lagi enak-enaknya bawa motor pas liat spion pesertanya touring malah kurang 1, dicek kebelakang ternyata doi lagi mampir di SPBU karena kebelet. Hal-hal seperti ini tidak akan terjadi apabila kalian punya itinerary yang baik. Itinerary yang baik bisa mengcover mulai dari kalian bernagkat, saat dijalan hingga kalian tiba ditujuan, termasuk persinggahan-persinggahan kecil seperti dimana mengisi bahan bakar, dimana mampir makan siang, bahkan tempat berhenti untuk buang air juga bisa kalian atur di itinerary.

5.      Brosis jadi tidak gampang ditipu karena sudah riset terlebih dahulu

Sudah banyak sekali cerita tentang perjalanan touring yang kena tipu di daerah-daerah wisata. Mulai dari tiket masuk yang kadang rancu, harga makanan minuman hingga harga-harga lain yang kadang tidak kita sangka ternyata ikut diada adakan.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya sih tidak ketipu, tapi kurang referensi saja. Dengan bikin itinerary, Brosis tidak akan gampang ditipu karena Brosis sudah mengantongi informasi yang bnanyak. Makanya luangkan waktu sejenak buat baca atau tanya-tanya Brosis lain tentang destinasi yang akan Brosis datangi.

Jadi terasa lebih aman nggak sih Brosis kalau sudah ada itinerary touring, budget aman, tidak panik lagi selama dijalan, dan tidak akan kena tipu lagi dilokasi tujuan karena kita sudah punya banyak referensi. Sudah siap touring kemana nih Brosis ?

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK