NEWS
DETAILS
Selasa, 11 Oct 2022 18:13 - Ikatan Motor Honda Makassar

Mengenal jenis suspense Double Wishbone pada kendaraan roda empat memang sudah lama diaplikasikan dan suspense Double Wishbone termasuk suspense independent yang hingga saat ini memiliki tingkat kenyamanan berkendara jarak jauh yang lebih baik ketimbang model/jenis/system suspen lainnya.

Bentuk dasar dari suspense double wishbone terdiri dari beberapa parts diantaranya lower arm, upper arm, ball joint, link stabilizer, coil spring, shockbreaker dan poros roda.

Pada Honda Goldwing 2018, guncangan atau getaran yang diakibatkan kondisi jalan tidak ditransfer ke tangan rider karena penggunaan suspense model ini. Hal itu dikarenakan posisi handlebar tidak berada pada suspensi melainkan berada di sasis. Seperti gambar dibawah ini, dari setang kemudi menggunakan parts yang dinamakan Steering Tie Rod untuk menggerakkan suspensi dan roda ke arah kanan dan kiri. Ini yang membuat guncangan maupun getaran yang dihasilkan jalan tidak sampai ke tubuh rider seakan mengisolasi sang pengendara dari semua itu, membuat tangan menggenggam kemudi jadi benar-benar terasa smooth dan bebas pegal.

Efek lainnya adalah pengendalian menjadi terasa sangat ringan Ketika bermanufer dikecepatan rendah namun tidak goyang pada kecepatan tinggi. Pengereman pun menjadi sangat stabil dengan ditetrapkannya model suspense seperti ini, ditunjang dengan kaliper rem dengan 6 piston di masing-masing sisi (total menjadi 12 piston).

Posisi suspense jenis double wishbone ini mampu menahan posisi roda agar tetap tegak lurus terhadap permukaan aspal jalan sehingga mampu meminimalisir pergerakan atau pergeseran roda sehingga sangat mudah dikendalikan, juga aman bagi rider dan terasa nyaman sekaligus memberikan feeling berkendara yang presisi Ketika memilih jalur.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK