NEWS
DETAILS
Senin, 22 May 2023 13:33 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Dalam dunia otomotif, terdapat banyak mitos dan anggapan yang berkembang, salah satunya adalah tentang larangan untuk membawa motor baru ngebut. Sebagian orang meyakini bahwa motor baru harus dijaga kecepatannya untuk beberapa waktu agar mesinnya bisa bekerja dengan baik. Namun, apakah mitos ini benar atau hanya sekedar anggapan belaka? Mari kita ungkap bersama-sama.

Mitos: Motor baru tidak boleh dibawa ngebut karena mesin perlu 'penyesuaian'. Fakta: Sebenarnya, tidak ada keharusan untuk tidak membawa motor baru ngebut. Mesin pada motor baru saat ini telah melalui serangkaian pengujian dan pemeriksaan ketat sebelum dipasarkan. Pabrikan juga telah melakukan penyesuaian mesin dan komponen lainnya selama proses produksi. Dengan kata lain, motor baru sudah siap untuk digunakan dalam berbagai kondisi, termasuk di kecepatan tinggi.

Mitos: Mengebut dengan motor baru dapat merusak mesin dan komponen lainnya. Fakta: Asalkan Anda menggunakan motor baru dengan bijak, mengebut sesekali tidak akan merusak mesin atau komponen lainnya. Penting untuk memperhatikan suhu mesin dan membiarkan motor melakukan pemanasan sebelum memacu kecepatan tinggi. Selain itu, pastikan motor Anda dalam kondisi yang baik, seperti rutin melakukan perawatan dan servis yang disarankan oleh pabrikan.

Mitos: Motor baru harus 'dijaga' kecepatannya dalam periode tertentu. Fakta: Tidak ada periode khusus yang harus dijalani sebelum Anda bisa membawa motor baru ngebut. Namun, bagi beberapa pabrikan, mereka mungkin menyarankan pemilik motor untuk tidak melebihi batas kecepatan tertentu selama periode tertentu pada awal penggunaan motor baru. Ini lebih sebagai anjuran untuk memastikan pemilik motor dapat mengenali karakteristik motor baru mereka seiring dengan waktu.

Mitos: Motor baru lebih rentan terhadap kerusakan jika dibawa ngebut. Fakta: Sebenarnya, motor baru sama-sama rentan terhadap kerusakan dengan motor yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pentingnya menjaga motor tetap dalam kondisi baik melalui perawatan dan servis rutin berlaku baik untuk motor baru maupun motor bekas. Jika Anda mengendarai motor dengan baik, mematuhi batas kecepatan yang dianjurkan, dan menjaga kestabilan serta keamanan saat berkendara, kemungkinan kerusakan dapat diminimalkan.

Berdasarkan fakta-fakta yang diungkapkan di atas, mitos bahwa motor baru tidak boleh dibawa ngebut tidak memiliki dasar yang kuat. Sebenarnya, motor baru dapat digunakan untuk menikmati pengalaman berkendara dengan kecepatan tinggi, asalkan tetap memperhatikan keamanan dan menjaga kondisi motor melalui perawatan yang tepat. Penting untuk mengikuti panduan pabrikan terkait penggunaan dan batasan kecepatan pada periode awal penggunaan motor baru. Ingatlah selalu untuk tetap berkendara dengan bijak dan bertanggung jawab.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK