NEWS
DETAILS
Rabu, 26 Jul 2023 20:30 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Sebagai objek wisata yang masih terbilang cukup baru, Pantai Mandala Ria memiliki suasana alami yang masih sangat terjaga. Pantai dengan pasir putih ini memiliki langit yang biru dan air laut yang jernih. Yang unik dari pantai ini adalah lokasinya yang diapit oleh laut dan lembah sehingga panas ketika siang dan dingin ketika malam hari.

Laut Sulawesi Selatan merupakan rumah bagi terumbu karang dan biota laut. Air laut yang jernih memberi kesempatan pada wisatawan untuk melihat panorama laut yang ada. Tak hanya terumbu karang, Anda mungkin saja dapat melihat ikan-ikan yang sedang berenang menikmati harinya.

Pantai yang secara geografis terletak diantara laut dan lembah ini juga memiliki gua yang patut untuk dikunjungi. Terdapat dua gua yaitu Gua Passohara dan Gua Passea. Gua Passohara adalah gua yang terdapat mata air berusia ribuan tahun di dalamnya sementara Gua Passea adalah situs pemakaman untuk orang Ara kuno.

 

Pantai Mandala Ria terletak di Desa Ara, Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Berjarak 35 km dari Kota Bulukumba dan 10 km dari Pantai Tanjung Bira. Memakan waktu empat hingga lima jam dari kota Makassar.

Petunjuk arah menuju pantai ini sudah tersedia, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan pantai ini. Jika berangkat dari kota Makassar, perlu waktu sekitar empat jam untuk sampai di Kabupaten Bulukumba.

Setelah memasuki Kabupaten Bulukumba, Anda hanya perlu mengikuti jalan poros Bulukumba-Bira. Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan, akan nampak papan penunjuk jalan menuju Apparalang. Dari sini Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan untuk sampai ke lokasi Mandala Ria.

Ketika berkunjung ke pantai ini, pengunjung perlu berhati-hati mengingat akses jalan yang tidak mulus. Kondisi jalan kecil, berkelok dan terdapat turunan tajam. Pengunjung akan melewati jalur dengan bebatuan kecil yang terjal. Akses jalan dapat dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK