NEWS
DETAILS
Sabtu, 01 Jul 2023 21:29 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Dalam sebuah komunitas motor ada beberapa istilah-istilah harus dimengerti oleh anggotanya. Istilah-istilah tersebut biasanya hanya diketahui oleh para bikers yang tergabung dalam sebuah komunitas. Berikut Asmo Sulsel paparkan istilah-istilah yang akan sering Brosis dengan jika tergabung dalam sebuah komunitas motor.

  1. Kopdar
    Kopdar sebenarnya merupakan singkatan dari kopi darat. Istilah ini diartikan sebagai kegiatan kumpul sesama anggota, club atau forum otomotif.
  2. Rolling
    Rolling sendiri adalah kegiatan berkeliling di wilayah tertentu, biasanya sekitar kota saja karena rolling biasanya dilakukan setelah kopdar
  3. Sunmori
    Belum lama ini istilah sunmori kerap Brosis dengan dikalangan komunitas motor. Istilah sunmori ngetrend karena banyak vlogger dan blogger otomotif. Sunmori sendiri adalah singkatan dari Sunday Morning Ride, yaitu kegiatan bermotor yang dilakukan setiap hari Minggu pagi.

  4. Road Captain
    Tugas utama road captain adalah bertanggung jawab terhadap kelancaran dan keselamatan para rombongan touring. Seorang road captain biasanya harus memiliki problem solving yang cepat dalam mengambil keputusan.

  5. Safety Officer
    Jika Brosis adalah orang yang paham tentang dinamika touring, hafal tentang jalur yang akan dilewati dan seluruh seluk beluknya, maka Brosis sangat cocok menjadi safety officer. Tugas safety officer adalah menunjukkan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilalui.

  6. Sweeper
    Tugas sweeper adalah mengawal barisan touring. Beberapa anggota juga harus dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan rombongan. Seringkali, sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Sweeper juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari foreder.

Jika dilihat dari fungsinya masing-masing, istilah-istilah tersebut masing-masing mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Maka dari itu sebuah komunitas sepeda motor khususnya komunitas motor Honda wajib menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas, kemanapun dan dimanapun Brosis berada. Karena dengan mengutamakan keselamatan berkendara Brosis turut berpartisipasi dalam menyebarkan virus Safety Riding.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK