NEWS
DETAILS
Jumat, 20 Apr 2018 13:02 - Honda Community

Bro, bila turing lewat Bekasi tentu bisa menemukan makanan berkuah hitam yang dipadukan dengan ikan.

Adalah Gabus Pucung yang merupakan kuliner khas Betawi .

Gabus Pucung ini bisa ditemukan di setiap sudut Kota Bekasi.

Seperti dilansir dari KompasTravel salah satu kedai yang menjual gabus pucung di Bekasi adalah Pondok Gabus Lukman.

Letaknya dekat dengan Stadion Patriot Chandrabhaga, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sejak pukul 11.00 WIB kedai ini pun sudah ramai didatangi pengunjung.

Menu lainnya yang disajikan di antaranya ada lele goreng, ikan mas goreng, sop ayam, sop kambing, semur jengkol, tahu goreng, tempe goreng, sambal, dan lalapan.

oia dalam tiap porsi gabus pucung yang dihidangkan terdapat sepotong ikan yang dilengkapi dengan kuah berwarna hitam seperti rawon dan kekuningan.

Lalu, ada sedikit gumpalan kecil berwarna hitam, juga minyak.

“Gabus pucung itu memakai ikan gabus. Kuahnya sendiri dinamakan pucung. Ya kalau di Jawa disebutnya kluwak, tapi kalau Betawi menyebutnya pucung,” ujar pemilik Pondok Gabus Lukman, Haji Lukman saat ditemui di kedainya yang berada di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/12/2017).

Ia menjelaskan, kuah pucung ini terdiri dari tumbukan jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, rempah-rempah, asam, dan pucung atau kluwak. Setelah ditumbuk, semua bumbu digoreng terlebih dahulu kemudian dimasak ditambahkan air.

Ikan gabus yang sudah matang, nantinya tidak langsung disatukan ke dalam kuah pucung.

Menurut Lukman, ikan gabus mudah sekali terurai. Maka dari itu, ikan gabus akan dicampur dengan kuah pucung ketika akan dihidangkan ke pengunjung.

Untuk satu porsi gabus pucung, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada bagian ikan yang Anda pesan.

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk harga satu porsi nasi. Jika Anda ingin menyantap gabus pucung dengan nasi, maka harus menambah seharga Rp 7.000.

Setiap harinya, Lukman mengaku dapat menjual hingga 20 kilogram ikan gabus yang digunakan untuk menu gabus pucung. Penasaran mencoba kuliner gabus pucung di Bekasi? Anda bisa mampir ke kedai ini yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2018/01/05/211000727/liburan-ke-bekasi-mari-santap-kuliner-gabus-pucung

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK