NEWS
DETAILS
Rabu, 01 Jan 2020 15:30 - Honda Community

Semarang memiliki beragam makanan dan minuman khas yang cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya touring ke Semarang tanpa mencicipi kuliner khasnya.

Ada banyak jenis kuliner yang bisa kamu temukan di Semarang, mulai dari camilan, soto, hingga makanan berat seperti nasi bebek. Seluruhnya hadir dengan konsep, harga, serta cita rasa yang beragam.

Jika brader tertarik berwisata kuliner ke tempat makan enak di Semarang yang sudah populer sejak dulu ini, brader bisa kunjungi beberapa tempat kuliner berikut.

Babat Gongso Pak Karmin

Babat gongso adalah babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut diolah dengan bumbu kecap dan cabai rawit, sehingga menciptakan rasa yang sedap dan pedas.

Ada cukup banyak penjual babat gongso yang bisa kamu temukan di Semarang. Salah satu yang kelezatan rasanya sudah terkenal adalah Babat Gongso Pak Karmin di kawasan Jalan Aloon-Aloon Bar, tepatnya di seberang Gedung BRI.

Tak hanya babat gongso, menu lain yang juga menjadi favorit di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Kabarnya, Pak Karmin menggunakan bumbu racikan yang sama dengan racikan babat gongso. Kuliner ini sangat cocok untuk kamu yang suka makanan gurih!

Nasi Gandul Pak Memet

Merupakan salah satu kuliner khas, nasi gandul adalah nasi putih berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan daging sapi dan jeroan. Penyajian Nasi Gandul Pak Memed pun cukup istimewa, yakni dihidangkan di atas piring yang dilapisi daun pisang. Sebagai pelengkap, nasi gandul juga disajikan dengan tempe goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal.

Penamaan “gandul” dipilih karena dahulu sang penjual membawa barang dagangannya dengan cara memanggul bambu, di mana kedua ujungnya tergantung bakul nasi dan kuali berisi kuah. Kata “gandul” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gantung. Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke kedai Nasi Gandul Pak Memet di Jalan Dr. Cipto No 12A.

Soto Bangkong

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang bisa kamu temui di berbagai daerah, seperti soto lamongan, soto madura, hingga coto makassar. Begitu pun Semarang yang memiliki soto bangkong sebagai hidangan soto khasnya. Nama “bangkong” sendiri berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong (saat ini bernama Jalan Brigjen Katamso).

Ciri khas soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan. Soto akan dilengkapi dengan daging ayam suwir, bihun, potongan tomat, taoge, dan bawang goreng. Selain menu soto, kamu juga bisa mencoba hidangan lainnya, seperti garang asem dan ayam goreng rempah. Datanglah ke Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Jalan Brigjen Katamso untuk mencoba kelezatan soto bangkong!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK