NEWS
DETAILS
Sabtu, 15 Feb 2020 10:18 - Honda Community

Jika membahas tentang makanan khas daerah, pastinya Kota Palu juga tidak mau kalah dalam menyajikan berbagai masakan khas yang sangat lezat. Cita rasa pedas, asam dan gurih selalu memanjakan lidah para penikmatnya.

Salah satu makanan khas Kota Palu adalah Palumara atau yang tidak asing kita kenal adalah sop ikan. Palumara dimasak dengan menggunakan bahan dasar ikan laut, seperti tongkol, ikan bandeng dan kakap merah.  

Olahan ikan yang disajikan dengan kuah kental ini mempunyai cita rasa pedas, asam dan gurih yang menjadi favorit para penduduk lokal, wisatawan domestik maupun mancanegara. Bagi orang Palu, sajian ini merupakan kebanggaan. Saking bangganya, sampai-sampai ada ungkapan, 'jangan mengaku orang Palu kalau belum bisa memasak palumara'.

Palumara bukan hanya ada di Palu. Kota Makassar juga punya sajian dengan nama yang sama. Akibatnya, sering terjadi saling klaim mengenai asal usul palumara. Kesamaan itu amat mungkin disebabkan letak kedua kota yang berdekatan dan masih dalam satu pulau. Selain itu, konon, dulu ada suku dari Makassar yang berpindah ke Palu dan sekitarnya. Itulah mengapa berbagai kuliner Palu dan Makasar ada banyak kesamaan hingga sekarang.

Pokoknya, tak sulit menemukan palumara di Kota Palu, brad. Karena hampir setiap rumah makan menyantumkan palumara dalam setiap menunya.

Selamat mencoba!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK